20 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Berkendara Terasa Pusing Saat Puasa, Lakukan Hal Berikut

...

  • portalsatu.com
  • 13 May 2019 18:00 WIB

Puasa bukan berarti menghalangi kita untuk tidak mengemudi mobil atau motor meski puasa memberi efek lemas karena hampir 13 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman.

Dalam beberapa kesempatan mengemudi tiba-tiba terasa pusing saat menjalani ibadah puasa adalah hal wajar.

Guru besar pangan dan gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ali Khomsan mengatakan munculnya pusing ketika aktivitas mengemudi saat berpuasa disebabkan karena gula darah dalam tubuh di bawah batas normal.

"Asupan gizi kan berkurang sehingga aktivitas tidak bisa seperti biasa. Ya efeknya pusing atau merasa tidak nyaman," kata Ali kepada CNNIndonesia.com saat dihubungi via telepon, Senin (13/5).

Menurut Ali, umat muslim yang menjalankan ibadah puasa tidak perlu dikhawatirkan dengan efek pusing ketika mengemudi saat berpuasa. Ali menyarankan masyarakat bisa mengantisipasinya dengan memakan makanan lebih bergizi saat sahur.

Ia menjelaskan makanan yang dimakan saat sahur kandungannya harus lebih 'hebat' dari sarapan. Upayakan apa yang dimakan saat sahur mengandung empat sehat lima sempurna.

"Jadi nasi, sayur, lauk, dan ada buah. Ditambah kalau bisa dengan susu. Keberagaman makanan itu bisa melengkapi gizi kita dan mengurangi rasa lapar," ucapnya.

Ali menjelaskan jika sudah tidak bisa menahan rasa pusing, sebaiknya menepi demi keselamatan. Beristirahatlah sejenak untuk mengembalikan tenaga seperti semula.

"Jadi kalau sudah keringat dingin itu gula darah berarti sudah sangat drop. Dan kalau memang tidak kuat ya jalan terakhir batal," ujarnya.[]Sumber:cnnindonesia.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.