18 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cara Melindungi Mobil dari Perampok Bermodus Pecah Kaca Pakai Busi

...

  • DREAM
  • 06 November 2019 20:00 WIB

Kasus pencurian mobil semakin marak dengan metode lebih canggih. Tak lagi merusak kunci pintu, kini para pencuri menggunakan teknik memecahkan kaca mobil menggunakan busi dan makin marak terjadi.

Mengutip laman NTMC Polri, Rabu 6 November 2019, Kepala Unit III Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Agung Wibowo?, menyarankan pemilik kendaraan untuk tidak menutup kaca secara penuh saat parkir. Kaca mobil dibiarkan dibuka sedikit agar udara bisa masuk. 

“Tipsnya kalau parkir pada siang hari, kaca mobil harus dibuka paling tidak 1 sentimeter agar ada sirkulasi udara,” kata Agung di Jakarta.

Jika ada sirkulasi udara, kata dia, para pelaku tak bisa memecahkan kaca dengan pecahan busi.

Agung melanjutkan, beragam benda digunakan oleh para pelaku untuk melancarkan aksinya. Cara yang biasa digunakan adalah memecahkan kaca dengan mendorong helm. Yang lagi ngetren, jendela mobil dipecah dengan serbuk busi mobil atau motor.

Begini Modus Pecahkan Kaca dengan Serbuk Busi

Agung membeberkan cara si panjang tangan memecahkan kaca dengan serbuk besi. Pelaku kerap menggunakan pecahan busi motor. Busi ini diberi air liur agar dingin.

Saat dilemparkan dan terkena kaca kendaraan yang panas dan bertekanan tinggi, kaca mobil bosa retak dan mudah didorong oleh pelaku. Setelah terbuka, pelaku pun memboyong barang berharga yang ditinggal pelaku di dalam mobil.

Tak Lagi Gunakan Kapak dan Linggis

Agung mengatakan memecah kaca dengan benda keras seperti linggis dan kapak sudah jarang dilakukan. Selain mengeluarkan bunyi keras, tentu cara ini juga membahayakan pelakunya.

Makanya, cara memecahkan kaca dengan menekan helm ke kaca mobil bisa lebih efektif. Hal ini disebabkan oleh suara yang minim ditimbulkan.

Tapi, mereka akan kesulitan membuka kaca mobil jika kaca filmnya bagus.[]Sumber:dream

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.