26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ternyata Ini Alasannya Truk Suka Berjalan Beriringan

...

  • PORTALSATU
  • 17 December 2018 21:00 WIB

Ilustrasi truk yang melakukan platooning. Foto: ttnews.com
Ilustrasi truk yang melakukan platooning. Foto: ttnews.com

Anda mungkin pernah merasa kesulitan untuk menyusul truk yang berjalan beriringan dua hingga lima atau lebih.

Itu belum tentu karena truk yang ada di belakangnya tak mendapat kesempatan menyusul truk di depannya, tapi memang ada trik tersendiri di kalangan sopir truk. Karena secara teknis berkendara dengan berurutan atau yang biasa disebut 'platooning' memiliki manfaat bagi pengemudi dan kendaraannya.

Dari segi aerodinamika, platooning ternyata bisa menghemat bahan bakar untuk truk yang berada di belakang truk leader atau truk paling depan. Sebab, arus angin bisa langsung diteruskan tanpa harus menabrak kepala truk selanjutnya yang memang tak terlalu ramah aerodinamika.

Lebih modern lagi, di Eropa sejumlah truk layaknya Scania dan Volvo sudah melengkapi produk mereka dengan teknologi yang memang mendukung dengan teknik platooning. Sehingga sensor serta pendeteksian berapa jauh jarak antara truk, bisa kemudian dimanfaatkan sebagai pencegah tubrukan beruntun.

Selain untuk menerapkan platooning, berjalan beriringan juga punya keuntungan lain yaitu keamanan antarsopir truk. Karena biasanya rampok atau begal menghindari menyatroni truk yang jalan bersama-sama.

Penulis: Ditta Aditya Pratama.[]Sumber: gridoto.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.