21 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puja Syarma, Gadis Manis Bersuara Merdu yang Ternyata Qariah

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 16 November 2017 19:40 WIB

Syarifah Mahfuzha (Puja Syarma). @istimewa
Syarifah Mahfuzha (Puja Syarma). @istimewa

SINGKIL – Puja Syarma, nama ini sempat viral di kalangan warga internet alias warganet. Tahun 2016, gadis manis berhidung mancung itu muncul menggemparkan dunia maya dengan postingan video cover lagu-lagu Bollywood atau India. Bukan lagunya yang heboh, tapi suara merdu gadis ini yang membuat netizen baper alias bawa perasaan.

Sampai saat ini, gadis bernama lengkap Syarifah Mahfuzha, asal Aceh Singkil itu masih sering mengcover lagu-lagu India dan mempostingnya di Youtube dan Instagram puja.sm dengan jumlah followers mencapai 123K.

“Saya keturunan Said Alidrus. Puja Syarma itu merupakan singkatan dari Syarifah Mahfuzha, tapi saya biasa dipanggil Puja,” ucap gadis 20 tahun ini saat mengawali perbincangan dengan portalsatu.com, beberapa waktu lalu.

Saat ini, Puja tercatat sebagai mahasiswi Jurusan Farmasi Universitas Tjut Nyak Dhien, Medan, Sumatera Utara. Ia merupakan anak dari pasangan H. Said Jufri, S.H., dan Hj. Mariana.

“Saya hobi nyanyi dan main musik sejak kecil hingga sekarang. Awalnya ikut lomba ngaji, MTQ, hingga sekarang masih aktif. Suara mendayu-dayu itu terbawa dari ngaji, karena awalnya memang ngaji, qariah,” ujar Puja.

Menurut Puja, ayahnya punya hobi yang sama, main musik dan menyanyi. “Begitu juga ibu yang dulunya sering ikut lomba ngaji dan penyanyi qasidah,” ungkapnya.

Puja pernah meraih juara I MTQ tingkat Kabupaten Aceh Singkil dan juara IV tingkat Provinsi Aceh (2008). Juara II Festival Bintang Vokalis Qasidah Nasional di Palu, Sulawesi Tengah (2014), dan Juara II Festival Qasidah Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara (2015).

Selain kuliah, Puja mengaku sering mendapat undangan ke luar kota untuk nyanyi. “Alhamdulillah, sudah rilis album dengan tujuh lagu di dalamnya. Nama albumnya Shalawat Rahmaka Ya Rabb, semua isinya tentang shalawat. Album itu diproduksi Syarma Home Studio,” kata Puja.

Soal lagu India, lanjut Puja, “Saya sejak dulu suka lagu-lagu India, juga filmnya. Dari sekian banyak lagu India yang saya cover, saya paling suka dengan Tujh Mein Rab Dikhta Hai Ost. Rab Ne Bana di Jodi. Biasanya video cover lagu India itu saya rekam melalui rekaman studio sendiri, ada juga rekaman studio Medan. Alhamdulillah, jika banyak yang meminati”.

Video cover Tujh Mein Rab Dikhta Hai itu diposting di Youtube pada 7 Juni 2016, hingga saat ini sudah 178.965 kali ditonton. Selain memposting nyanyian, Puja juga memposting suara merdunya saat melantunkan ayat suci Alquran. Bagi yang penasaran, klik di sini.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.