13 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Yang Huiyan: Perempuan Terkaya di China, Hasilkan Rp30 Triliun Dalam 4 Hari

...

  • PORTALSATU
  • 29 October 2018 17:00 WIB

Yang Huiyan. @mirror review
Yang Huiyan. @mirror review

Sudah banyak yang tahu, orang paling kaya di China adalah Jack Ma sang pendiri Alibaba. Akan tetapi, soal wanita terkaya di China, sebagian besar orang masih asing dengan sosoknya.

Pekan lalu, Forbes merilis daftar orang-orang terkaya di China pada tahun 2018 ini. Ada nama Jack Ma, Ma Huateng dari Tencent Holdings, Hui Ka Yan dari grup Shenzen dan sederet nama lain dalam daftar 10 orang paling kaya di China.

Namun dari daftar itu, pada posisi keenam ada nama Yang Huiyan, seorang wanita pengusaha real estate yang sukses menjadi wanita terkaya di China.

Huiyan berbisnis dalam bidang properti dengan nama perusahaan Country Garden Holdings. Wanita yang masih muda ini usianya baru 37 tahun tapi pernah mencatatkan rekor menghasilkan kekayaan senilai Rp30 triliun dalam waktu empat hari di awal tahun 2018.

Huiyan memiliki 57 persen saham perusahaannya karena warisan dari sang ayah, Yeung Kwok Kweung, yang diberikan kepada Huiyan tahun 2007 silam.

Yeung Kwok Kweung pernah menjadi orang paling kaya di daratan China tahun 2007 bersi Forbes.

Dalam laporan Forbes, disebutkan kekayaan Yeung mencapai 17,1 miliar dollar AS atau setara Rp 259,9 triliun (kurs Rp 15.200 per dollar AS). Namun, jumlah kekayaannya tahun 2018 ini turun sekitar 3 miliar dollar AS jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Meski begitu, peringkat Huiyan tidak turun. Sejak tahun lalu, Huiyan sudah menduduki peringkat ke-enam dalam daftar yang sama.

Huiyan patut dapat apresiasi, sebab tak hanya menguasai bidang properti tapi juga punya perusahaan lain.

Huiyan mendirikan perusahaan Bright Scholar Education Holdings yang fokus pada edukasi murid-murid di China.

Dengan perusahaan barunya itu, Huiyan berhasil menembus pasar New York Stock Exchange di tahun 20017.

Wanita lulusan Ohio State University ini juga masuk ke dalam daftar miliarder muda di bawah umur 40 tahun pada tahun 2007 dan saat itu usianya baru 25 tahun.

Sejak 2007 itulah Yang Huiyan mulai keluar-masuk daftar orang paling kaya versi berbagai media. Ia juga dikukuhkan sebagai wanita terkaya di China selama 6 tahun berturut-turut versi Hurun Richest Woman in China.

Huiyan menikah dengan Chen Chong pada tahun 2006 silam.

Insting bisnisnya yang kuat memang sudah diasah sang ayah sedari ia kecil. Ayanya kerap mengajak Huiyan kecil ikut rapat di perusahaannya dan sudah dikenalkan pada para pemegang saham.

Selain itu, Yang Huiyan tidak dibiasakan menjadi anak manja dan diwajibkan untuk belajar berbisnis sendiri atau bekerja paruh waktu agar punya uang jajan.

Saat Yang Huiyan belajar di Ohio, sang ayah tidak mau mengirim uang terlalu banyak.

Uang yang dikirimkan ayahnya hanya cukup untuk membayar biaya pendidikan dan biaya tinggal saja, tapi tidak untuk jajan apalagi foya-foya.

Yang Huiyan diwajibkan sang ayah untuk bekerja paruh waktu agar bisa mencukupi kebutuhan hidupnya di Ohio meski saat itu dia sudah sangat kaya.

Tak heran Huiyan bekerja banting tulang selama empat tahun masa pendidikannya tersebut.

Berkat didikan ayahnya, saat ini Huiyan menjadi seorang pengusaha sukses yang low-profile, tidak sombong dan tidak berlaku semena-mena pada semua pekerjanya.

Penulis: Aulia Dian Permata.[]Sumber: intisari.grid.id/kompas.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.