25 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lima Atlet Tarung Derajat Aceh Wakili Indonesia di Kuala Lumpur

...

  • portalsatu.com
  • 19 April 2016 21:30 WIB

Atlet Tarung Derajat Aceh wakili Indonesia di pentas internasional. @Qahar Muzakar
Atlet Tarung Derajat Aceh wakili Indonesia di pentas internasional. @Qahar Muzakar

BANDA ACEH - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh secara resmi melepas atlet Tarung Derajat Aceh menuju ke Kejuaraan Tarung Derajat ASEAN II di Kuala Lumpur, Malaysia. Pertandingan akan dilangsungkan di gedung olahraga Titawangsa, Kuala Lumpur sejak 26-29 April 2016.

Ketua KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak memimpin langsung acara pelepasan lima atlet dan dua pelatih tarung derajat Aceh yang mewakili Indonesia tersebut di Sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh, Selasa, 19 April 2016. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Aceh, Bachtiar Hasan.

Adapun kelima atlet yang dikirim ke Kuala Lumpur adalah Kandar Hasan yang bakal bertarung di kelas 67,1-70 Kilogram (kg). Selanjutnya Ali Akbar di kelas 61.1-64 kilogram, Suhermansyah kelas 55,1-58 kilogram, Lailatul Qadri kelas 54,1-58 kilogram, dan Rika Handayani kelas 45,1-49 kilogram. 

Kelima petarung ini merupakan atlet Aceh yang tengah dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat, pada September 2016 mendatang.  

“Ini kejuaraan (tingkat ASEAN) yang kedua kalinya kita (Aceh) dipercayakan mewakili Indonesia,” kata Yanyan Rahmat AKS, Pelatih Utama Tim Tarung Derajat Aceh, kepada Abu Razak.

Pada Kejuaraan Tarung Derajat ASEAN I, Aceh juga turut mengirimkan atletnya untuk mewakili Indonesia. Antara lain Kandar Hasan dan Suhermansyah yang berhasil merebut medali emas.

“Mempertahankan yang sudah, dan mudah-mudahah bisa lebih. Amin..,” kata Yanyan ketika ditanyai target perolehan medali. 

Kejuaraan Tarung Derajat ASEAN II kali ini diikuti oleh delapan negara di Asia Tenggara, minus Brunei Darussalam dan Singapura. Yanyan menyebutkan, Indonesia menurunkan sebanyak 17 atlet yang berasal dari tujuh provinsi, yaitu Aceh, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat.

“Dari keseluruhan provinsi yang ikut, kita (Aceh) paling banyak mewakili,” ujar Yanyan. “Mohon doa restunya,” kata Yanyan lagi.

Tim Tarung Derajat akan berangkat ke Kuala Lumpur pada 24 April 2016.

Abu Razak mengaku bangga dengan terpililihnya atlet Tarung Derajat Aceh mewakili Indonesia di ajang tingkat internasional tersebut. “Ini suatu kebanggaan. Dari 33 provinsi, Aceh terpilih mewakili dan dengan persentase yang lebih banyak dari provinsi lain” kata Abu Razak.

Abu Razak juga menyampaikan, KONI Aceh sadar betul bahwa kepercayaan yang berhasil diraih para atlet adalah buah kerja keras semasa mengikuti latihan. 
“Kami mendoakan agar para atlet dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang selama ini telah berhasil dicapai,” kata Abu Razak.

Sejauh ini, kata Abu Razak, cabang Tarung Derajat Aceh sudah cukup disegani oleh provinsi-provinsi lain di Indonesia. KONI Aceh berharap agar prestasi itu dapat ditingkatkan sehingga Aceh dapat mengukir sejarah gemilang di cabang olahraga bela diri tersebut.

“Selamat bertanding di Negeri Jiran. Dengan usaha yang sungguh-sungguh insya Allah nama-nama Anda akan terukir dengan tinta emas dalam dunia olahraga Aceh,” kata Abu Razak.

Sementara itu, Bachtiar Hasan, Wakil Ketua II KONI Aceh yang juga Ketua Pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON Aceh 2016 mengatakan, kejuaraan yang akan segera dilakoni oleh para atlet Tarung Derajat Aceh di Malaysia juga merupakan ajang evaluasi bagi atlet dan pelatih yang telah beberapa bulan mengikuti Pelatda PON.

“Sepulang dari sana (Kejuaraan Tarung Derajat ASEAN II) coba evaluasi mana yang kurang. Yang sudah baik, terus ditingkatkan,” kata Bachtiar kepada pelatih.

Ia juga melaporkan, dalam waktu dekat cabang angkat besi akan mengikuti Kejuaraan Angkat Besi Internasional di Thailand. “Ini juga ajang evaluasi kita (bagi cabang-cabang yang ikut Pelatda PON 2016)," katanya.[](bna)

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.