24 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemkab Aceh Besar dan BPJS Ketenagakerjaan Kerja Sama Perlindungan Atlet PORA

...

  • PORTALSATU
  • 25 October 2018 15:00 WIB

@istimewa
@istimewa

BANDA ACEH - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melakukan penandatangan kerja sama (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banda Aceh terkait perlindungan jaminan sosial bagi para atlet peserta PORA (Pekan Olahraga Aceh) di lingkup kontingen Aceh Besar.

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Sekretariat PORA XIII Jantho, di Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis, 25 Oktober 2018.

Pihak yang terlibat dalam MoU ini adalah Pemkab Aceh Besar yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. Iskandar, M.Si., sementara dari BPJS ditandatangani Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banda Aceh, Efa Zuryadi, S.E. 

Sekda Iskandar mengatakan, penandatangan MoU tersebut sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam menjalankan amanat undang-undang, Qanun Aceh, serta peraturan terkait lainnya bagi para tenaga kerja atau atlet.

"Ini merupakan komitmen dan tanggung jawab kami selaku pemerintah terhadap kesejahteraan dan keselamatan para atlet dan pelatih yang mewakili kontingen Aceh Besar yang akan berlaga di PORA nantinya. Namun demikian kita berharap kecelakaan dalam bentuk apapun tidak menimpa para atlet kita," ujarnya.

Adapun jumlah kontingen peserta PORA Aceh Besar yang didaftarkan ke BPJ S Ketenagakerjaan Cabang Banda Aceh yaitu sebanyak 504 Orang. Jumlah tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan jumlah kontingen yang didaftar pihak Pemkab Aceh Besar itu sendiri.

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banda Aceh, Efa Zuryadi, mengatakan, kontrak MoU tersebut berlaku sejak ditandatangani (hari ini) hingga 31 Desember 2018. "Jangka waktu perjanjian kerja sama ini dapat diperbaharui atau diperpanjang sesuai dengan kesepakatan para pihak," katanya.

Efa Zuryadi merincikan, program yang diikutkan bagi tenaga kerja, dalam hal ini kontingen PORA Aceh Besar meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JK). 

Adapun manfaat yang diterima para atlet kontingen PORA Aceh Besar dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yaitu kompensasi dan rehabilitasi bagi tenaga kerja (para atlet), berupa biaya transport Rp1.000.000 (darat), dan Rp1.500.000 (laut). "Untuk peserta yang mengalami kecelakaan akan ditangani hingga tuntas atau sampai sembuh," ungkap Efa Zuryadi..

Kemudian Jaminan Kematian (JK), akan dibayarkan kepada ahli waris yang meninggal dunia Rp24 juta, dengan rincian: santunan kematian Rp16.200.000, santunan sekaligus Rp 4.800.000, dan biaya pemakaman Rp3.000.000.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.