25 May 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Menghadapi Momen Pilkada 2017

...

  • PORTALSATU
  • 23 December 2016 15:00 WIB

Momen pilkada adalah momen ujian bagi diri kita. Kita akan menghadapi pilihan-pilihan yang dapat menggoyahkan nilai-nilai yang kita junjung. Nilai harga diri kita, nilai hak suara kita dan nilai keperibadian kita. Pilihan itu sangat sulit seperti halnya para pejuang kita terdahulu, memilih merdeka atau mati, juga seperti pada masa 10 November tahun 1945 rakyat Surabaya dan pemimpin-pemimipin, dihadapkan dengan pilahn-pilahan yang sulit, menyerah kepada ultimatum Inggris untuk angkat tangan dan menyerahkan senjata paling lambat pada tanggl 9 November  atau menghadapi serbuan atau serangan negara Adidaya pada saat itu yaitu Inggris.

Kita bayangkan bagaimana harga diri bangsa kita kalau pempimpin di Surabaya dan rakyat Surabaya menyerah, kalau Gubernur Suryo, Bung Tomo, dan semua pemimpin Jawa Timur dan Surabaya tunuduk kepada ultimatum asing, bagaimana harga diri bangsa kita sekarang. Juga dalam krisis-krisis bangsa kita tahun 1965 apakah memilih membela Pancasila atau menyerah pada ideologi yang tidak sesuai dengan bangsa kita, yaitu Komunisme.

Demikian juga pada tahun 1998, pada era reformasi pemimpin kita juga dihadapkan dengan pilihan susah, membela sistem yang kurang demokratis atau berani membawa reformasi dan demokrasi. Namun para pendahulu kita dengan tegas dan berani tetap mempertahankan nilai-nilai itu, sehingga kita menjadi sebuah negara yang besar dan negara yang  bermartabat.

Apapun bentuk pilihan yang kita hadapi dalam momen pilkada 2017 nanti, saudaraku semua sebangsa dan setanah air, mari kita junjung nilai harga diri kita, nilai hak pilih kita, nilai keperibadian kita, seperti layaknya para pendahulu kita. Jangan pernah menjual nilai-nilai yang kita junjung, jadikanlah hatimu yang memutuskan bukan karena uang yang berbicara. Jika NKRI harga mati, Bagaimana dengan Martabat diri kita?

*Alumni Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum, Prodi: Hukum Keluarga. UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.