16 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


PDAM Tirta Daroy Jangan Biasakan Warga Bertayamum, Bersuci dari Junub Butuh Air!

...

  • THAYEB LOH ANGEN
  • 11 May 2017 11:10 WIB

Tuanku Oriza Rizki Keumala
Tuanku Oriza Rizki Keumala

AIR merupakan Hak dasar setiap warga di Banda Aceh dan element penting dalam beribadah. Persoalan keterdesediaan air bersih sudah menjadi persoalan akut menahun yang tak kunjung selesai, warga dipaksa menggunakan air yang tidak layak pakai (berbau dan keruh) atau merogoh uang tambahan dari anggaran belanja rumah tangga untuk membeli air bersih, tetapi juga harus membayar Rp 25 ribu biaya beban untuk sebuah pipa kosong yang kering, seperti penuturan salah seorang warga Banda Aceh di Gampong Jeulingke. 

ini situasi yang memperihatinkan dan butuh perhatian khusus, PDAM Tirta Daroy harus berinisiatif meringankan penderitaan Warga dengan membagikan distribusi Air secara gratis untuk mengurangi beban warga dalam membeli Air. 

PDAM Tirta Daroy juga harus gencar memberikan informasi kepada Publik terkait persoalan kelangkaan air bersih, publik tidak boleh ditinggal dalam ketidaktahuan selama berbulan-bulan tanpa ada pertanggung jawaban dan penjelaskan yang memuaskan. banyak aktivitas warga menjadi terganggu oleh kelangkaan air ini, termasuk dalam Ibadah. berapa banyak warga tidak bisa pergi shalat Jumat jika tidak punya air untuk mandi Junub? Pelajar akan kehilangan semangat untuk pergi sekolah karena tidak bisa mandi atau ibu rumah tangga yang kesulitan membagi uang belanja untuk membeli air bersih. 

Persoalan distribusi Air bersih merupakan PR besar yang ditinggalkan Pemerintahan kota terdahulu yang sebentar lagi akan selesai, persoalan ini harus segera dicarikan solusi oleh Walikota terpilih. Rasanya tidak lucu sama sekali kalau Banda Aceh disebut Kota Madani kalau masih ada terlihat antrian warga untuk mendapatkan air bersih, untuk itu kita menanti terobosan gemilang dari pemerintahan kota yang baru. 

Penulis: Tuanku Oriza Rizki Keumala, Wakil Ketua Pospera DPD Aceh

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.