12 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Surat Pembaca: Selamatkan Pemira FISIP!

...

  • portalsatu.com
  • 18 April 2017 08:34 WIB

SEPERTI diketahui, hari ini benih-benih Orde Baru yang memasung demokrasi mulai tercium kembali di kampus perjuangan FISIP Unsyiah kita tercinta.

Pemira FISIP merupakan pesta demokrasi tahunan yang dilaksanakan dan diselenggarakan secara demokratis dan penuh dengan kegembiraan. Namun, Pemira BEM FISIP ternodai oleh intervensi Wakil Dekan 3 FISIP Unsyiah.

Seharusnya pemira BEM FISIP berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan--agar kekosongan kepengurusan pasca ditetapkan kepengurusan periode lalu sebagai demisioner--bisa diisi oleh kepengurusan yang baru, guna memastikan berjalannya roda organisasi sebagaimana mestinya.

Kerancuan dimulai ketika salah satu pasangan calon BEM FISIP, tidak mampu memenuhi persyaratan calon yang telah ditetapkan oleh KPR (Komisi Pemilihan Raya). Seharusnya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, secara otomatis pasangan calon tersebut dinyatakan gugur sebagai pasangan calon. Namun, yang terjadi adalah ditundanya tahapan pemilihan yang telah ditetapkan dan disahkan langsung oleh KPR dan Wakil Dekan 3 FISIP Unsyiah.

Kekeliruan selanjutnya adalah sebagaimana penjelasan yang disampaikan oleh Wakil Rektor 3 Unsyiah pada 15 April 2017. Saat itu, Wakil Rektor 3 meminta penjelasan kepada Wakil Dekan 3 FISIP Unsyiah perihal penundaan tahapan Pemira BEM FISIP Unsyiah. Sufyan selaku Wakil Dekan 3 mengatakan kedua calon belum memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh KPR. Ini jelas pembohongan publik yang mengakibatkan kerugian bagi mahasiswa FISIP. Pernyataan tersebut memiliki muatan politis yang menguntungkan salah satu pasangan calon.

Maka dari itu, kami meminta seluruh mahasiswa FISIP Unsyiah memastikan agar tahapan Pemira BEM FISIP dapat berjalan sebagaimana mestinya, tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

FISIP Unsyiah merupakan laboratorium demokrasi. Di kampus ini, seharusnya praktik berdemokrasi bisa dijalankan dengan benar dan bertanggung jawab. 

Untuk itu, kami mengajak seluruh mahasiswa FISIP Unsyiah untuk berkumpul di halaman depan "Kampus Perjuangan" FISIP Unsyiah, pukul 09.00 WIB agar sama-sama kita mempertanyakan hal ini kepada Wakil Rektor 3.

Kita harus sama-sama memastikan agar tidak ada satu pihak pun yang dapat mengintervensi jalannya pemilihan di "Kampus Perjuangan" FISIP Unsyiah tercinta. 

Poin tuntutan:

1. Kami meminta kepada Wakil Dekan 3 FISIP Unsyiah sesegera mungkin memberi kejelasan terkait pelaksanaan Pemira BEM FISIP Unsyiah.

2. Mengajak seluruh mahasiswa untuk terlibat, memastikan seluruh tahapan Pemira berjalan sebagaimana ketetapan, aturan yang telah disepakati.

3. Meminta kepada Wakil Rektor 3 agar dapat menindak oknum Wakil Dekan 3 yang telah mencederai spirit demokrasi melalui pelaksanaan Pemira BEM FISIP Unsyiah.

4. Meminta kepada Dekan FISIP Unsyiah menjadikan persoalan ini sebagai kepentingan bersama, agar terjaminnya kelancaran proses belajar dan mengajar.

5. Kami memberikan waktu paling telat 1x24 jam sejak himbauan ini dikeluarkan. Apabila tidak ditanggapi sebagaimana tuntutan di atas, maka kami akan menggalang dukungan dan kekuatan untuk melawan kedzaliman ini!

Salam hormat,

Barisan Mahasiswa FISIP Peduli Demokrasi (BM-FPD)

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.