23 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Anak dan Ayahnya Berhasil Bikin Lamborghini dari Mesin Cetak 3D, dan Bisa Berjalan

...

  • portalsatu.com
  • 08 July 2019 16:00 WIB

Lamborghini Aventador yang menginspirasi seorang fisikawan untuk mencetak mobil mewah mirip Lamborghini. Foto/cardekho.com
Lamborghini Aventador yang menginspirasi seorang fisikawan untuk mencetak mobil mewah mirip Lamborghini. Foto/cardekho.com

Proyek ini sudah dilakukan selama setahun lebih, dan sudah menghabiskan uang hingga USD20 ribu atau Rp282 juta. 

Pada 15 tahun lalu, Motion Picture Association of America (MPAA) merilis pesan antipembajakan yang melarang orang untuk mengunduh gambar secara daring. Sebuah pesan yang kini jadi meme karena terdengar konyol.

Kini, mesin cetak 3D atau 3D printingmakin membuat pesan tersebut terdengar aneh karena fisikawan Sterling Backus dan anaknya mampu membuat mobil yang terinspirasi oleh Lamborghini Aventador, persis sesuai ukuran aslinya, dengan bermodalkan mesin cetak tersebut. 

Dilaporkan 3D Printing Media Network, dia telah mengerjakan proyek itu selama 1,5 tahun dan sudah menghabiskan uang sebesar USD20 ribu untuk mewujudkan mimpinya tersebut. 

Ayah dan anak ini berhasil mencetak rangka mobil, taillights, headlights,bahkan juga ventilasi udara dari beragam jenis plastik. 

Untuk memastikan mobilnya bisa jalan dan aman, Backus membungkus beberapa bagian yang dicetak dengan carbon fiber.

Tentu saja, ini artinya mobil tersebut tak sepenuhnya terbuat dari hasil cetak mesin. Untuk mesin, chassis, dan beberapa bagian lainnya dibuat terpisah. 

Mobil ini dipamerkan di acara sekolah dengan nama STEAM Project. "Supaya anak-anak tertarik dengan pelajaran sains, teknologi, mesin, seni, dan matematika," ujar Backus. 

Backus juga menegaskan bahwa desainnya bukanlah pembajakan, karena dia telah mengubah beberapa desain Lamborghini buatannya agar tak sama dengan Lamborghini Aventador.[]Sumber:sindonews.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.