22 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Arkeolog Mesir Temukan 40 Mumi Berusia 2.000 Tahun

...

  • portalsatu.com
  • 04 February 2019 20:00 WIB

Arkeolog menemukan 40 mumi di Mesir. (Foto: MOHAMED EL-SHAHED / AFP)
Arkeolog menemukan 40 mumi di Mesir. (Foto: MOHAMED EL-SHAHED / AFP)

Arkeolog Mesir menemukan lebih dari 40 mumi dalam kondisi baik di situs pemakaman di selatan Kairo, Mesir tengah. Mumi ini diperkirakan berasal dari era Ptolemeus.

Mumi-mumi yang ditemukan terdiri dari 12 anak-anak, enam hewan, dan sisanya merupakan laki-laki dan perempuan. Tim arkeolog menemukan mumi-mumi di dalam peti dan beberapa terbaring di lantai di ruang bawah tanah.

"Sejauh ini kami menemukan lebih dari 40 mumi termasuk 12 anak-anak, enam hewan, dan sisanya adalah laki-laki dan perempuan dewasa," terang arkeolog Romi Rasmi.

Arkeolog Muhamed Ragab mengatakan dua makam ditemukan sembilan meter di bawah tanah yang berisi lebih dari enam ruangan. Temuan hewan peliharaan yang kebanyakan anjing menunjukkan betapa penting keberadaan mereka bagi orang yang meninggal dunia.

"Hewan-hewan ini sangat disayangi oleh pemiliknya sehingga mereka ikut menguburkannya di makam mereka," imbuh Ragab.

Dilaporkan AFP, proses penggalian terhadap 40 mumi ini dilakukan sejak Februari 2018 di situs makam umum yang diduga milik keluarga borjuis Mesir kuno. 

Temuan pecahan tembikar dan potongan papirus (sejenis tanaman air yang dipakai sebagai bahan baku pembuat kertas di zaman kuno) di situs yang sama membuat arkeolog memperkirakan mumi-mumi ini berusia 2.000 tahun.[]Sumber: cnnindonesia

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.