26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bukan Biru atau Hijau, Ini Warna Gunung Menurut Alquran

...

  • OKEZONE
  • 06 August 2019 10:30 WIB

Gunung berwana-warni (Foto: Pixabay)
Gunung berwana-warni (Foto: Pixabay)

Dari zaman sekolah dasar, mungkin Anda sudah terbiasa untuk mewarnai gunung dengan warna biru atau hijau muda. Atau jika ingin memberi variasi, maka bagian ujung gunung yang kadang lancip itu Anda beri warna putih seperti Gunung Fuji, Jepang.

Tapi, benarkah gunung berwarna biru atau hijau muda?

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, Anda sebetulnya sudah diberi jawaban lewat Alquran. Allah berfirman dalam Surat Fathir ayat 27, yang berbunyi:

"Tidaklah engkau melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu dengan air itu Dia hasilkan buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka-macam warnanya dan ada pula yang hitam pekat." (Fathir: 27).

Untuk membuktikan firman Allah itu, dalam buku berjudul 'Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, peneliti menunjukan bahwa air hujan mempengaruhi terbentuknya gunung dengan warna yang berbeda-beda.

Warna gunung sejatinya dipengaruhi oleh unsur logam yang dikandung bebatuannya, sementara warna unsur logam ditentukan oleh kadar oksidasinya yang salah satunya terjadi berkat batuan air. Pada titik inilah air mempunyai peran dalam membentuk ragam warna bebatuan gunung, seperti hitam pekat, putih, dan merah.

Dalam buku itu, penggambaran warna gunung sama dengan warna buah-buahan yang memiliki aneka warna. Bebatuan yang membentuk gunung juga ternyata punya banyak warna dan membuat bebatuan mengalami reaksi kimiawi sehingga warnanya menjadi beragam. Dia bisa berwarna putih, merah, hitam, sesuai dengan unsur logam yang dikandungnya.

Warna hitam dan merah dimiliki oleh bebatuan yang mengandung banyak unsur besi dan nikel. Sementara warna putih dimiliki bebatuan yang mengandung banyak unsur aluminium dan magnesium.

Ini semua merujuk pada susunan kimiawi dan logam semua gunung yang mengandung batuan beku asam atau batuan beku intermediate. Gunung jenis ini pada dasarnya terbentuk dari batuan granit dan semi-granit, dan didominasi oleh dua warna, yaitu putih dan merah dengan tingkat kecerahan yang berbeda-beda. Allah berfirman, "...yang beraneka-macam warnanya" dan itulah warna gunung sejatinya. Maha benar Allah atas segala firmannya.[]Sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.