10 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Fakta Pesawat Ilyushin II-38 Rusia yang Dihalau Jet Tempur AS

...

  • portalsatu.com
  • 26 June 2020 21:30 WIB

@lockheedmartin.com
@lockheedmartin.com

Dua buah pesawat patroli maritim Ilyushin Il-38 milik Rusia dikabarkan dihalau masuk ke dalam zona identifikasi pertahanan udara Alaska oleh pesawat tempur F-22 milik Amerika Serikat (AS).

Komando Pertahanan Udara AS (NORAD) mengabarkan dua pesawat Rusia itu hanya berjarak 80,5 kilometer dari Pulau Unimak di sepanjang rantai pulau Aleutian, Alaska.

Berikut fakta pesawat Ilyushin Il-38 milik Rusia yang dihalau oleh AS.

Pesawat Tua

Melansir Naval Technology, pesawat Il-38 menyelesaikan penerbangan perdananya pada bulan September 1961. Selain digunakan oleh AL Rusia, Il-38 melayani Angkatan Laut India.

Pesawat Il-38 telah mengalami peremajaan. Il-38 yang ditingkatkan dari Angkatan Laut Rusia dan Angkatan Laut India masing-masing ditetapkan sebagai Il-38N dan Il-38SD. Sistem anti-sub pesawat diganti dengan sistem yang modern dan terpadu yang dikenal sebagai Novella.

Sistem digital sepenuhnya baru itu terdiri dari radar resolusi tinggi, layar, subsistem pencitraan termal, sensor inframerah, magnetometer, dan sistem kecerdasan elektronik (ELINT).

Dilengkapi Detektor

Pesawat Il-38 memiliki detektor anomali magnetik (MAD) di bagian ekor dan radar pencarian di bawah badan pesawat depan. Il-38 juga dilengkapi dengan rangkaian penerbangan avionik meliputi radar, antena infra merah yang menghadap ke depan (forward-infrared) di bawah hidung dan sistem ELINT.

Avionik dan perangkat peperangan elektronik pada pesawat Il-38 yang telah ditingkatkan memiliki radar aperture-sintetis/invers-sintetis-aperture (SAR / ISAR) baru, radar pencarian dan serangan, sensor FLIR resolusi tinggi, kamera televisi cahaya rendah, sistem elektronik tindakan, MAD dan sonobuoy yang aktif dan pasif.

Sedangkan sensor suite dapat mendeteksi target udara pada jarak hingga 90 km dan target laut pada 320 km, dan secara bersamaan melacak hingga 32 target.
Pesawat Anti Kapal Selam

Melansir Russian Aviation, Ilyushin Il-38 adalah pesawat patroli maritim dan anti-kapal selam (ASW) yang dirancang oleh Ilyushin Aviation Complex yang berpusat di Rusia.

Berasal dari pesawat angkut turboprop Ilyushin Il-18, Il-38 dapat digunakan dalam misi pengawasan, pencarian dan penyelamatan, pengintaian laut, dan operasi perang anti-kapal selam.

Pesawat dapat mendeteksi dan mencegat kapal permukaan dan kapal selam.

Pesawat Il-38 milik Angkatan Laut India dikabarkan memiliki rudal anti-kapal Sea Eagle pasca modifikasi dan peningkatan usia. Rudal itu dapat mencapai target bergerak dalam jarak 110 km. Selain itu, IL-38 dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara jarak dekat R-73RDM2.

Bahkan, Il-38 milik India dipersenjatai dengan rudal jelajah supersonik BrahMos yang dapat mencapai target dalam kisaran 290 km.
Pesawat dengan Kinerja Luar Biasa

Ilyushin Il-38 dapat terbang dengan kecepatan maksimum 650 km per jam. Pesawat itu juga memiliki daya jelajah sejauh 9.500 km dan terbang hingga 10.000 m. Pesawat bisa naik dengan kecepatan 320 m per menit.

Kinerja itu berkat dukungan empat mesin turboprop poros tunggal Ivchenko Al-20M yang menggerakkan empat baling-baling.

Sebelumnya, pencegatan pesawat Rusia oleh AS yang berlangsung tengah malam Rabu (24/6) lalu itu terjadi setelah insiden serupa terjadi di awal Juni ini. Saat itu, F-22 milik AS mencegat pesawat pengebom berkemampuan nuklir Rusia yang mencoba terbang mendekati wilayah udara Alaska pada dua kesempatan terpisah.

Pada Maret lalu, jet tempur AS dan Kanada juga mencegat dua pesawat pengintai Rusia saat mereka terbang di lepas pantai Alaska.[]sumber:cnnindonesia.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.