12 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ikan di Lautan Hadapi Ancaman Pemanasan Global, Ini Dampaknya

...

  • KOMPAS
  • 10 July 2020 21:30 WIB

Ikan palagis. @shutterstock
Ikan palagis. @shutterstock

Ada banyak alasan mengapa dunia harus mencegah pemanasan global. Jika peningkatan suhu akibat pemanasan global dibiarkan, ini akan berpengaruh pada setiap kehidupan di muka Bumi, termasuk ikan.

Melansir New Scientist, Kamis (2/7/2020) dalam menghadapi kenaikan suhu ini, ikan berada pada risiko yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Peneliti menyebut bahwa embrio dan ikan dewasa yang bertelur lebih rentan terhadap suhu laut yang menghangat akibat pemanasan global.

Skenario terburuk yang dibuat peneliti adalah pada 2100 nanti suhu global akan naik hingga 5 derajat Celsius. Kalau ini sampai terjadi, sekitar 60 persen spesies ikan tak akan mampu mengatasi kenaikan suhu tersebut.

Bahkan bila masyarakat dunia mematuhi kesepakatan Paris untuk menahan laju kenaikan suhu tetap di bawah 1,5 derajat Celsius itu akan tetap terlalu panas untuk 10 persen ikan di lautan.

Hasil studi ini pun cukup mengejutkan, mengingat ikan sangat penting bagi nutrisi manusia.

"Jadi penelitian ini menjadi bukti kuat untuk melindungi ekosistem dan lingkungan alama kita," ungkap Hans-Otto Pörtner, peneliti dari Alfred Wegener Institute, Bremerhaven, Jerman.

Studi ini dilakukan dengan menganalisis literatur ilmiah dari 694 spesies ikan tawar dan laut mengenai tolerasi panas. Selanjutnya peneliti membandingkan tingkat ketahanan berdasarkan ikan dewasa yang bertelur dan yang tak bertelur, larva, dan embrio.

Tim peneliti menemukan kalau tingkat kerentanan lebih besar terjadi pada embrio serta ikan dewasa yang bertelur. Dan ini merupakan sebuah keprihatinan.

Alasan utama mengapa ikan dewasa yang bertelur kurang toleran terhadap pemanasan laut adalah karena kebutuhan oksigen mereka yang lebih besar.

Oksigen lebih mudah larut dalam air yang dingin dibandingkan pada air hangat. Sayangnya, laut diperkirakan memanas terlalu cepat sebelum ikan-ikan itu bisa beradaptasi.

Bila ikan dapat pindah ke wilayah yang lebih dingin, belum tentu juga tersedia situs pemijahan yang sesuai.

"Perlu upaya untuk menekan perubahan iklim seminim mungkin," kata Pörtner.

Studi telah dipublikasikan di jurnal Science.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ikan di Lautan Hadapi Ancaman Pemanasan Global, Ini Dampaknya", https://www.kompas.com/sains/read/2020/07/10/180000323/ikan-di-lautan-hadapi-ancaman-pemanasan-global-ini-dampaknya?page=all#page2.
 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.