16 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Langka, Ular Berbisa dengan Dua Kepala Ditemukan

...

  • NATIONAL GEOGRAPHIC
  • 07 October 2018 12:20 WIB

Ular berbisa berkepala dua ditemukan di Virginia, Amerika Serikat. Foto via nationalgeographic.grid.id
Ular berbisa berkepala dua ditemukan di Virginia, Amerika Serikat. Foto via nationalgeographic.grid.id

Seorang perempuan di negara bagian Virginia, AS, baru saja menemukan ular langka di halaman belakang rumahnya. Selain langka, ular berjenis copperhead ini memiliki dua kepala.

Inilah yang membuat ular tersebut semakin istimewa. Apalagi, jenis ular tersebut terkenal dengan bisanya yang sangat mematikan.

Penemuan ular berkepala dua ini langsung dilaporkan ke Virginia Wildlife Management and Control untuk dijemput. Sekarang, ular tersebut sudah berada dalam penanganan Departemen Satwa Liar dan Perikanan Virginia.


J.D. Kleopfer seorang spesialis di lembaga tersebut membagikan perkembangan bayi ular berkepala dua ini

"Ular ini sangat langka karena hidup mereka tidak lama. Terlalu banyak tantangan untuk dapat hidup dari hari ke hari dengan dua kepala," ucap Kleopfer.

Menurut Pusat Satwa Liar Virginia, kepala yang kiri lebih dominan -- aktif dan responsif terhadap rangsangan. Hasil radiografi mengungkapkan bahwa ular berkepala dua ini memiliki dua trakea, dua esofagus, dan dua kepala. Namun, ia hanya memiliki satu hati dan satu set paru-paru.

Lembaga tersebut menambahkan, berdasarkan anatomi, akan lebih baik bagi jika kepala sebelah kanan juga mengonsumsi makanan. Namun, hal ini sulit dilakukan karena kepala kiri terlihat lebih dominan.

Sampai saat ini, bayi ular itu masih dalam pengawasan Kleopfer. Namun untuk selanjutnya, ia berharap dapat menyumbangkan ular langka tersebut ke fasilitas zoologi untuk keperluan pameran.

Penulis: Loretta Novelia Putri.[]Sumber: nationalgeographic.grid.id/kompas.com/mashable.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.