23 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Malam Ini Ada Fenomena Purnama Harvest Moon

...

  • TEMPO
  • 05 October 2017 17:40 WIB

Fenomena bulan purnama unik, Harvest Moon, akan terlihat di langit pada Kamis malam ini, 5 Oktober 2017. Bentuknya bulat penuh dan berwarna oranye.

Biasanya fenomena ini terjadi pada bulan September, namun tahun ini sedikit berbeda sebab bulan purnama ekuinoks musim gugur ini akan tiba Kamis, 5 Oktober.

Harvest Moon merupakan salah satu dari 12 bulan penuh yang diamati di bumi sepanjang tahun ini. Menurut EarthSky, Harvest Moon adalah bulan purnama yang jatuh paling dekat dengan equinox musim gugur, yang terjadi saat matahari melintasi khatulistiwa pada akhir September.

Equinox musim gugur juga dikenal luas sebagai hari pertama musim gugur, dan berlangsung tahun ini pada 22 September. Sedangkan bulannya sendiri muncul terlambat pada 5 Oktober.

Lalu darimana nama Harvest Moon itu diambil? Tim ahli dari EarthSky mengatakan, “Nama ini mungkin muncul dari para petani di belahan bumi utara, pada musim gugur karena bulan ini membantu mereka memanen hasil pertanian.”

Pada jaman dahulu peran Harvest Moon sangat besar bagi kehidupan pertanian saat itu. Karena belum ada listrik untuk menerangi ladang, bulan purnama itu merupakan satu-satunya sumber pencahayaan di waktu panen. Berkat kehadiran bulan pernama itu para petani memiliki waktu lebih banyak untuk memanen tanaman mereka di malam hari sehingga dinamai Harvest Moon. | sumber : tempo

Editor: IHAN NURDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.