12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemerintah Mulai Gunakan Jalan Aspal Karet untuk Jalan Nasional

...

  • LIPUTAN6
  • 20 August 2019 12:30 WIB

Kementerian PUPR telah memulai penggunaan aspal karet untuk penanganan jalan nasional di seluruh Indonesia. @Liputan6
Kementerian PUPR telah memulai penggunaan aspal karet untuk penanganan jalan nasional di seluruh Indonesia. @Liputan6

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai penggunaan aspal karet untuk penanganan jalan nasional di seluruh Indonesia. Ini lantaran aspal karet memiliki tingkat perkerasan lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda pada saat aspal basah, dan daya tahan lebih tinggi dibanding aspal biasa.

Pada 2019, ditargetkan 65,56 km jalan nasional menggunakan campuran aspal karet sebanyak 2.542 ton. Berdasarkan asumsi penggunaan karet 7 persen terhadap aspal, maka jumlah karet yang terserap yakni sebanyak 177,95 ton.

Penggunaan aspal karet salah satunya ada pada pengerjaan preservasi Jalan Nasional Lintas Tengah Jawa pada ruas Ajibarang-Banyumas-Klampok-Banjarnegara di Jawa Tengah sepanjang 4,8 km dari total yang ditangani 63,03 km.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada tahun ini melakukan peningkatan kualitas Jalan Lintas Tengah Jawa yang meliputi pemeliharaan rutin jalan 20,64 km, pemeliharaan rutin kondisi 25,12 km, rehabilitasi mayor 10,87 km, rekonstruksi jalan 0,9 km, pekerjaan holding 10,87 km, dan pemeliharaan jembatan 597,7 km.

Kepala BBPJN VII Akhmad Cahyadi mengatakan, pada pekerjaan preservasi paket ini juga dilakukan rehabilitasi mayor sepanjang 10,5 km yang meliputi perbaikan eksisting, penambalan jalan berlubang, dan pengaspalan jalan 2 lapis.

"Ada 6 ruas yang dikerjakan, dua diantaranya menggunakan pelapisan aspal karet sepanjang 4,8 km. Yakni ruas Sokaraja-Kaliori sepanjang 2,9 km full aspal karet seluruhnya, dan Patikraja-Rawalo sepanjang 1 km dari total panjang 1,9 km, sisanya aspal modified," jelas dia lewat sebuah pernyataan tertulis, Selasa (20/8/2019).

Sebagai informasi, kelebihan campuran aspal karet alam yakni meningkatkan kualitas perkerasan aspal dalam hal usia layanan dan ketahanan terhadap alur. Penggunaan aspal karet untuk pengaspalan jalan sebelumnya sudah dilakukan Kementerian PUPR di beberapa lokasi jalan nasional, salah satunya di ruas Ciawi-Sukabumi dan Jalan bts Karawang-Cikampek.[]Sumber:liputan6

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.