10 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Peneliti Buat Peta Detail Zealandia, Benua yang Telah Tenggelam

...

  • TEMPO
  • 27 June 2020 19:49 WIB

Benua Zealandia. Reuters
Benua Zealandia. Reuters

Ilmuwan dari Selandia Baru mengungkap secara rinci benua Zealandia yang tenggelam 23 juta tahun lalu dalam peta baru dasar laut. Ahli geologi Nick Mortimer dari GNS Science telah menyusun peta tektonik dan batimetri dari benua kedelapan--setelah Asia, Eropa, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Oseania, dan Antartika--Bumi itu yang membentang sekitar 1.930.511 mil persegi.

Menurut Mortimer, peta bersama grafik dan data geosains lainnya, dapat diakses melalui situs web E Tuhura - Explore Zealandia yang baru, atau 'TEZ'. "Peta ini adalah tolok ukur ilmiah. Tapi lebih dari itu, ini merupakan cara untuk mengkomunikasikan pekerjaan kami kepada kolega, pemangku kepentingan, pendidik dan masyarakat," kata dia, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu 24 Juni 2020.

Zealandia, yang telah disepakati memenuhi kriteria untuk sebuah benua pada 2017, tenggelam setelah putusnya benua super Gondwanaland lebih dari 79 juta tahun yang lalu. Mortimer menjelaskan, dia membuat peta untuk memberikan gambaran geologi Selandia Baru dan Pasifik Barat Daya yang akurat, lengkap, dan terkini.

"Nilai peta itu adalah menyediakan konteks baru untuk menjelaskan dan memahami pengaturan gunung berapi Selandia Baru, batas lempeng, dan cekungan sedimen," ujar Mortimer.

Kepala proyek dan ahli geofisika Vaughan Stagpoole menerangkan, portal web TEZ akan memungkinkan ahli geologi dan masyarakat yang tertarik menjelajahi geologi Zealandia dari rumah dan kantor mereka. Siapapun dapat memperbesar dan menggeser gambar peta web geosains tematik yang berbeda di wilayah itu.

"Mereka dapat dengan mudah melihat dan memahami peta dan mengaktifkan atau menonaktifkan layer," kata Stagpoole. 

Menurut tim penelitinya, lebih banyak informasi akan ditambahkan ke situs interaktif ketika temuan penelitian baru dikumpulkan. Tiga peta interaktif juga tersedia melalui platform TEZ. Pertama, peta tektonik, menampilkan interpretasi geologis dari jenis dan usia kerak Zealandia, dengan batas-batas dan vektor gerakan lempeng geologis, kedalaman lempengan penunjaman dan lokasi gunung berapi.

Kemudian peta batimetri menunjukkan bentuk tanah padat dan dasar laut Zealandia dan juga menggambarkan garis pantai, batas teritorial dan nama-nama fitur bawah laut utama. Dan, ketiga, peta data geosains, menyatukan data dari berbagai sumber--termasuk peta geologi skala 1: 250.000 dari NZN di Selandia Baru dan catatan sampel dari basisdata batuan, mineral, dan geoanalitik.[]sumber:DAILY MAIL | TEZ/tempo

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.