26 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Studi: Otak Wanita Lebih Muda Ketimbang Pria

...

  • portalsatu.com
  • 08 February 2019 15:30 WIB

 Walau berusia sama, otak perempuan dan laki-laki ternyata memiliki perbedaan. 

Penelitian terbaru menemukan, otak perempuan dewasa rata-rata lebih muda beberapa tahun dibandingkan otak laki-laki yang berusia sama. 

Studi yang baru saja dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, Amerika Serikat ini menganalisis hasil scan PET dari 205 orang dewasa yang memiliki kemampuan kognitif normal. 


Setiap orang mengikuti lima hingga enam pemindaian otak. Pemindaian itu dilakukan untuk mengukur metabolisme otak dengan melihat penggunaan glukosa regional, konsumsi oksigen, dan alirah darah di otak.

Peneliti lalu membandingkan usia partisipan yang sebenarnya dengan usia metabolik otak. Hasilnya, usia otak pada perempuan lebih muda. Hasil ini terlihat pada semua peserta yang berusia 20-82 tahun.

"Kami menemukan bahwa usia otak perempuan sedikit lebih muda daripada usia mereka yang sebenarnya," kata pemimpin penelitian dari Washington University, Manu S Goyal melalui surat elektronik kepada CNN.

Otak perempuan menunjukkan lebih sedikit kehilangan aliran darah setelah pubertas dan lebih banyak pemecahan glukosa di otak.

Penemuan ini menunjukkan bahwa jenis kelamin memengaruhi usia otak, sehingga juga dapat mempengaruhi kecenderungan pada penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

"Jadi yang perlu dipahami adalah penuaan otak dapat berkontribusi pada penyakit seperti penyakit Alzheimer, dan beberapa orang lainnya mengembangkan Alzheimer dan penyakit otak lain," tutur Goyal.

Seiring bertambahnya usia, otak mengalami penurunan dalam metabolisme. Kemampuan otak mengubah glukosa semakin berkurang. Peneliti lalu menyimpulkan bahwa otak yang lebih muda dapat memberikan ketahanan pada penyakit terkait penuaan.[]Sumber:cnnindonesia

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.