12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tips Mengatasi Smartphone yang Basah Kuyup karena Hujan

...

  • portalsatu.com
  • 11 January 2020 13:00 WIB

Hujan. @Kompas.com
Hujan. @Kompas.com

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan intensitas hujan di sejumlah wilayah mulai Minggu 5 Januari 2020 meningkat. Kondisi ini akan berlangsung hingga Jumat, 10 Januari 2020.

Mungkin saat terjadinya hujan lebat, smartphone kamu basah kuyup. Hal ini mungkin saja terjadi saat kamu sedang berada di jalan dan tidak sempat berteduh.

Smartphone adalah perangkat elektronik dengan komponen-komponen di dalamnya yang sangat sensitif terhadap air. Ditambah lagi dengan air hujan yang mengandung asam dan garam.

Jika smartphone kamu basah kuyup karena hujan, jangan khawatir karena hal ini belum tentu merusak smartphone milikmu.

Yuk, ikuti cara mengatasinya dengan enam langkah sederhana berikut ini.

1. Segera basuh smartphone kamu dari air hujan

Semakin cepat kamu membasuh atau mengelap smartphone kamu dari air, kian sedikit pula potensi kerusakan smartphone milikmu. Karena pada umumnya komponen smartphone sangat sensitif terhadap air.

2. Matikan Smartphone

Matikan segera mungkin smartphone kamu jika masih hidup saat terkena air hujan, untuk menghindari adanya konflik arus listrik terhadap air yang dapat merusak smartphone.

3. Lepaskan case dan baterai

Biasanya air masih tersimpan di dalam case, maka segera mencopotnya untuk meminimalisir masuknya air ke komponen smartphone.

Jika memungkinkan, kamu bisa mencopot baterai untuk menghindari terjadinya konsleting. Pastikan dalam mencopot baterai dalam kondisi smartphone mati.

 4. Keluarkan SIM Card

SIM card adalah bagian penting dalam menyimpan kontak yang berharga. Maka segeralah copot SIM Card dari smartphone kamu dan segera keringkan.

5. Lenyapkan semua kelembaban

Untuk mengurangi kelembaban yang terjadi coba kamu goyangkan smartphone secara perlahan yang berfungsi mengurangi kelembaban di permukaan.

Kemudian, ambil handuk untuk mengelap bagian-bagian smartphone yang lembab.

6. Mendiamkan Smarphone Kamu

Banyak sekali metode untuk mengatasi smartphone kamu yang terendam banjir. Namun cara ini menyarankan kamu untuk membiarkan smartphone milikmu selama 1-2 hari berada di tempat yang kering sebelum menggunakannya kembali.

Yang terakhir, cobalah hidupkan kembali smartphone milikmu untuk memeriksa apakah langkah yang telah kamu terapkan berfungsi dengan baik atau tidak.[]Sumber:liputan6

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.