21 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


UFO dari Korut? Jejak Misterius di Langit AS Ternyata dari Roket

...

  • LIPUTAN6
  • 30 December 2017 12:40 WIB

Roket Falcon 9 diluncurkan dari Pangkalan Udara Vandenberg, California pada Jumat malam 22 Desember 2017. Dikira UFO. @AP
Roket Falcon 9 diluncurkan dari Pangkalan Udara Vandenberg, California pada Jumat malam 22 Desember 2017. Dikira UFO. @AP

WASHINGTON - Perusahaan antariksa SpaceX meluncurkan Falcon 9, dari Pangkalan Udara Vandenberg, California pada Jumat malam 22 Desember 2017.

Roket daur ulang tersebut membawa 10 satelit milik Iridium Communication ke orbit Bumi. Saat mengudara, Falcon 9 meninggalkan jejak kondensasi yang bikin banyak orang salah sangka.

SpaceX meluncurkan Falcon 9 dari komplek peluncuran di Vandenberg Air Force Base di California, Amerika Serikat (AS).

Falcon 9 yang diluncurkan ini sebelumnya diterbangkan untuk misi kedua Iridium pada Juni 2017. Itu artinya, roket ini kembali dan siap digunakan kembali hanya dalam enam bulan.

Iridium merupakan klien untuk misi pertama SpaceX pada Januari 2017. SpaceX pernah mengalami kegagalan saat roket Falcon 9 meledak ketika pengujian di Cape Canaveral pada September 2016. Roket tersebut direncanakan meluncur pada 3 September 2016 dengan misi mengirim satelit pertama Facebook ke orbit.

Peluncuran Roket Falcon 9 Disangka UFO

Adapun untuk misi tebaru ini, Iridium berharap konstelasi satelit NEXT bisa memberikan cakupan 100 persen di seluruh dunia untuk melacak semua penerbangan yang sedang berjalan secara real-time.

Selain itu, juga untuk memantau semua kapal yang melintasi Bumi melalui teknologi yang sama, sehingga semua informasi tersebut bisa tersedia untuk pelanggan komersialnya.

Dikutip dari Huffington Post, peluncuran roket Falcon 9 menyisakan kisah yang cukup menarik. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan dari roket dikabarkan membuat panik banyak orang. Ada sejumlah orang menduga, cahaya yang mereka lihat di langit Los Angeles itu adalah Unidentified Flying Object (UFO) atau alien.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, cukup banyak twit mengenai kejadian tersebut menghiasi lini masa Twitter. CEO SpaceX, Elon Musk, pun sempat berseloroh terkait kehebohan yang ditimbulkan oleh peluncuran roketnya. "Itu memang alien," tulis Musk di akun Twitter miliknya, @elonmusk.[]Sumber;liputan6

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.