25 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Video: Dilanda Badai Harvey, Semut Api Ciptakan Rakit dari Tubuh Sendiri

...

  • KOMPAS
  • 14 September 2017 09:20 WIB

JANGAN pernah menganggap remeh semut api. Walaupun berbadan kecil, hewan ini tidak bisa ditenggelamkan, bahkan ketika dilanda Badai Harvey sekalipun.

Padahal, bencana besar tersebut telah memporak-poranda Houston, Texas, dan membuat sekitar 300.000 warga Houston hidup tanpa listrik dan tanpa air besih.

Kemampuan yang luar biasa tersebut itu ditunjukkan oleh koloni semut api yang tetap kompak membentuk rakit dari tubuh sendiri untuk menyelamatkan diri dari banjir.

Dilansir dari Business Insider, para semut bergerak dengan cepat. Mereka membuat ratu semut dan larva berada di tengah rakit, dan mengapitkan dirinya cukup erat untuk mempertahankan udara berada di tengah-tengah. Di bagian bawah, semut juga merapat untuk menghindari masuknya ke dalam rakit buatan.

Selama mengapung, rakit semut juga terus mengalami perubahan bentuk. Semut-semut bergantian menyeberangi lapisan teratas untuk bergabung ke lapisan tetap di bagian bawah. Dalam bentuk seperti itu, semut api bisa bertahan selama berminggu-minggu lamanya, meskipun mereka terus mencari area kering yang baru.

Dari publikasi di Texas A&M AgriLife Extension Service, Paul R Nester mencatat beberapa rakit berisi lebih dari 100.000 semut api. Oleh karena itu, warga Houston yang menggunakan perahu bot dihimbau untuk berhati-hati dan selalu berusaha menghindari semut.

Sebab, mereka bisa saja naik melalui dayung. Jika tersengat, satu semut mungkin hanya perkara ringan. Namun, hal itu bisa berubah menjadi serius jika satu koloni menyengat warga.[]Sumber:kompas

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.