11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Siapkan 110 Event Wisata di Tahun 2020

...

  • PORTALSATU
  • 28 February 2020 21:15 WIB

Arsip. Wisatawan mancanegara berkunjung ke Aceh. Foto: disbudpar.acehprov.go.id
Arsip. Wisatawan mancanegara berkunjung ke Aceh. Foto: disbudpar.acehprov.go.id

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh merilis sebanyak 110 event wisata selama tahun 2020, untuk menggenjot kenjungan wisatawan ke Tanah Rencong. Dari jumlah itu, tiga diantaranya masuk dalam Calender of Wonderful Indonesia Kemenparekraf RI.

110 event wisata itu dikemas dalam Calender of Events (CoE) Aceh. Acara ini mulai digelar bulan Maret mendatang, sementara untuk rilis di tingkat nasional dijadwalkan pada pertengahan Maret 2020, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnu Utama.

CoE Aceh 2020 ini, dikemas dengan unik dan menarik serta bernuansa wisata halal, yang dibagi menjadi dua segmen. Segmen pertama, yaitu 10 top event Aceh dan 100 event unggulan. 110 atraksi wisata ini siap digelar di seluruh kabupaten/kota sepanjang tahun 2020.

Di Top 10 Event Aceh, ada Aceh Culinary Festival, Aceh Diving Festival, Festival Saman, Festival Ramadhan, Banda Aceh Coffee Festival, Aceh Sumatera Expo, Islamic Fashion Festival, Leuser Internasional Rafting Championship, Pacuan Kuda Tradisional dan Festival Pulau Banyak.

Kemudian tiga diantaranya berhasil masuk dalam 100 Calendar of Wonderful Indonesia 2020 Kemenparekraf RI, yaitu Aceh Culinary Festival di Banda Aceh, Festival Saman di Kabupaten Gayo Lues dan Aceh Diving Festival di Sabang.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Rahmadhani menyebutkan, jumlah event tersebut naik setiap tahunnya. Ia meyakini semakin banyak atraksi wisata, akan mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawa.

“Semakin banyak jumlah atraksi wisata akan semakin berkembang destinasi baru di Aceh, dan semakin terbukanya Aceh kepada wisatawan sebagai destinasi yang aman dan nyaman,” ujarnya usai melakukan Soft Launching CoE Aceh 2020, di aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jumat 28 Februari 2020.

Di tahun 2019, jumlah event wisata di Aceh sebanyak 100 event, yang mampu mendatangkan 2,5 juta wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara sebanyak 107 ribu orang.

Jumlah kunjungan wisawan itu meningkat 5,5 persen dari tahun 2018. Sementara, di tahun ini, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan ke Aceh mencapai 3 juta.

"Target kunjungan wisatawan 2020 adalah 3 juta (wisnus) dan 150 ribu (wisman). Hal ini akan tercapai bila semua stakeholder yang tergabung dalam ‘Aceh Incorporated’ saling mendukung, bersinergi melalui semangat Like, Love and Share Aceh,” ujarnya.

110 event wisata yang ditawarkan itu, akan meliputi wisata berbasis alam, budaya dan sejarah. Dengan jumlah event yang terbilang banyak ini, sudah seharusnya memperkuat posisi Aceh sebagai destinasi wisata yang patut diunggulkan di Indonesia. 

Pemasaran destinasi pariwisata Aceh, kata dia, terus dilakukan dengan mengadopsi strategi branding, advertising dan selling, dengan tetap mengedepankan prinsip pelestarian lingkungan dan penguatan nilai budaya yang Islami.

Atraksi wisata tersebut juga akan dikemas dengan semenarik mungkin agar wisatawan bisa betah dan bertahan lama di Aceh. Apalagi, pihaknya juga sedang melirik wisatawan timur tengah untuk mau berkunjung ke Aceh.[](red)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.