15 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Begini Cara Masyarakat Turki Rayakan Idul Fitri

...

  • DREAM
  • 11 June 2018 19:00 WIB

Tradisi cium tangan di Turki. @eraizes.ipsantarem.pt
Tradisi cium tangan di Turki. @eraizes.ipsantarem.pt

Tak kalah uniknya dengan tradisi-tradisi Lebaran yang ada di Indonesia, masyarakat di Turki pun memiliki beberapa tradisi khusus untuk merayakan Idul Fitri.

BERAGAM cara dilakukan oleh umat muslim di berbagai belahan dunia untuk merayakan Idul Fitri. Di Indonesia misalnya, tiap Lebaran tiba masyarakat biasa menerapkan tradisi-tradisi seperti sungkeman, makan ketupat, atau memberikan 'salam tempel'. 

Tak kalah uniknya dengan tradisi-tradisi lebaran yang ada di Indonesia, masyarakat di Turki pun memiliki beberapa tradisi khusus untuk merayakan Idul Fitri. Ingin tahu seperti apa?

Berikut beberapa tradisi unik masyarakat Turki dalam merayakan Idul Fitri yang dihimpun Dream dari berbagai sumber.

Salat Idul Fitri hanya dilakukan Kaum Pria
Jika saat Idul Fitri masyarakat Indonesia baik pria maupun wanita berbondong-bondong datang ke masjid atau lapangan untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Maka berbeda halnya dengan tradisi masyarakat Turki. Di negeri sufi itu tiap hari raya Idul Fitri hanya kaum prianya saja yang berangkat ke masjid untuk menunaikan salat Id, sementara kaum prempuan tetap tinggal di rumah.

Tradisi Cium Tangan Ala Turki
Saat Idul Fitri, masyarakat Turki juga punya kebiasaan untuk saling berkunjung ke tempat keluarga maupun kerabat dan saling mengucapkan selamat dengan kata-kata Bayraminiz Mubarek Olsun yang kurang lebih berarti 'selamat hari raya Idul Fitri'. Keluarga-keluarga di Turki juga sangat menekankan tradisi sungkem, yakni cium tangan terhadap orang yang lebih tua.

Seker Bayram
Lebaran di Turki selalu identik dengan seker bayram, yakni festival gula. Saat Idul Fitri, semua rumah di Turki akan menyajikan hidangan atau jajanan yang serba manis, seperti permen dan cokelat. Idul Fitri juga menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak di Turki. Anak-anak di Turki punya kebiasaan berkeliling ke rumah-rumah tetangga untuk mengucapkan selamat Idul Fitri sambil membawa kantung gula-gula, dan sebagai balasannya mereka akan mendapat permen, cokelat atau jajanan tradisional Turki seperti baklava dan turkish delight.

Bayramlik
Sama seperti kebanyakan orang di Indonesia, saat Idul Fitri masyarakat Turki juga akan mempersiapkan dan mengenakan pakaian baru atau pakaian terbaik mereka yang disebut bayramlik.

Ziarah
Masyarakat Turki juga punya tradisi berziarah ke makam keluarga saat hari raya Idul Fitri. Tradisi ini merupakan tradisi wajib dan biasanya dilakukan sepulangnya mereka dari salat Idul Fitri di masjid.

Pergelaran musik hingga penggalangan dana
Perayaan bayram atau Idul Fitri di Turki biasanya juga dimeriahkan dengan adanya pergelaran musik dan seni tradisional seperti Caragoz dan Hacivat. Desa-desa di Turki juga akan terlihat begitu semarak dengan hiasan lampu berwarna-warni di berbagai sudut. Tak hanya itu, beragam acara penggalangan dana juga dilakukan saat Idul Fitri untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.[]Sumber:dream

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.