18 February 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Datanglah ke Meulaboh dan Nikmati Sensasi Kupi Khop!

...

  • portalsatu.com
  • 15 December 2018 14:30 WIB

@cekgu motret
@cekgu motret

PESISIR barat Aceh, khususnya Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat, bukan hanya dikenal sebagai kota sejarah. Tapi juga dikenal dengan minuman khasnya, Kupi Khop. Menikmati kopi tubruk yang diseruput dengan cara terbalik. Bisa dibayangkan?. Setelah kopi diseduh dengan air panas, sajian kopi dalam gelas diposisikan terbalik (telungkup) di atas piring. Air kopi yang keluar dari celahnya itu  kemudian diminum (diseruput) dengan mengangkat piringnya atau dengan sedotan. Bagi yang belum terbiasa akan terasa janggal dan susah. Tapi sensasinya begitu khas.

Tidak semua warung dan kafe di Meulaboh menyediakan kupi khop ini, hanya di beberapa lokasi saja, terutama di lokasi tepi pantai Suak Ribee. Ada dua varian rasa, kopi hitam asli dan kopi susu. Harga sangat terjangkau, paling mahal Rp. 10.000.

Banyak pelancong yang datang dan para karyawan dari daerah luar Aceh menyempatkan diri untuk menikmati Kupi Khop Meulaboh. Konon, kopi ini terinspirasi dari topi khas Teuku Umar.

"Esok kita akan minum kopi di Meulaboh, atau aku mati syahid" Itu salah satu ungkapan khas Teuku Umar yang menandakan bahwa  kopi sangat akrab dalam kultur Aceh. Kini kupi khop tersebut hampir menjamur di beberapa daerah Aceh lainnya.

Terakhir saya menikmati kopi tersebut bersama beberapa staf PT Karya Tanah Subur beserta keluarga mereka dalam acara Ta'lim Rutin Kantor. Sebagian besar mereka berasal dari Jawa.

"Lho, kok gak bisa bisa nih, saya minumnya"

respon salah seorang dari mereka dengan logat jawa timuran.[]

 

Jurnal oleh Taufik Sentana

Guru, peminat literasi dan kopi.

Menetap di Meulaboh

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.