23 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dewan: Pengelolaan Objek Wisata di Aceh Besar Amburadul

...

  • PORTALSATU
  • 09 January 2020 17:00 WIB

Zulfikar Aziz. Foto istimewa/dok
Zulfikar Aziz. Foto istimewa/dok

JANTHO - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Zulfikar Aziz, menyoroti pengelolaan objek wisata di kabupaten ini. Pasalnya, sarana dan parasana di lokasi wisata dinilai belum sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Aceh terkait Wisata Halal. 

“Kondisi pengelolaan tempat wisata Aceh Besar sangat memprihatinkan. Terkesan tidak ada aturan yang jelas, sehingga sistem pengelolaannya itu amburadul, termasuk harga tiket, termasuk soal jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masuk ke kas daerah, atau masuk ke desa,” kata Zulfikar Aziz saat ditemui di Banda Aceh, Kamis, 9 Januari 2020.

Dia menyebutkan, pengelolaan sejumlah objek wisata di Aceh Besar terkesan amburadul, karena pihak Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) tidak menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung wisata. Selain itu, lokasi wisata dipenuhi sampah.

“Coba kita lihat tempat wisata dipenuhi sampah-sampah. Padahal tempat wisata itu sebagai primadona yang dibanggakan di Aceh Besar. Selain itu, harga barang-barang yang dijual di kawasan wisata tidak sesuai,” ungkap Zulfikar Aziz. 

Menurut Zulfikar, Disparpora seharusnya mengembangkan sektor pariwisata secara maksimal, kerena beberapa tempat wisata di Aceh Besar mulai tersohor ke dunia internasional. "Bahkan har-hari tertentu pengunjung membludak, sayangnya para pengunjung mengeluh karena pihak dinas terkait tak siap dengan pengembangan wisata," tuturnya.

“Dan saat ini Pemerintah Aceh sedang menggenjot Wisata Halal. Tentu Pemerintah Aceh Besar harus mendukung. Karena jumlah pengunjung tempat wisata di Aceh Besar membludak, ini harus betul-betul dimanfaatkan,” tegasnya.[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.