26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dinas Dikbud Buka Pendaftaran Pemilihan Duta Museum Islam Samudra Pasai

...

  • Fazil
  • 10 August 2019 12:00 WIB

Museum Islam Samudra Pasai. Foto dok. Portalsatucom
Museum Islam Samudra Pasai. Foto dok. Portalsatucom

ACEH UTARA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Aceh Utara membuka pendaftaran pemilihan Duta Museum Islam Samudra Pasai 2019 untuk putra dan putri yang berdomisili di kabupaten tersebut.

Pendaftaran dimulai 14 Agustus hingga 16 September 2019,  di Museum Islam Samudra Pasai, Jalan Kompleks Makam Sultan Malikussaleh, Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, atau melalui e-mail pan.dutamuseumacut@gmail.com.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud Aceh Utara, Nurliana, kepada portalsatu.com, Sabtu, 10 Agustus 2019, mengatakan perekrutan Duta Museum Islam Samudra Pasai untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap museum dengan segala tinggalan arkeologis yang tersimpan di dalamnya. Kemudian mampu mempromosikan kepada masyarakat luas sehingga museum diminati untuk dikunjungi.

"Sasarannya adalah bagi generasi muda Kabupaten Aceh Utara yang memenuhi persyaratan sebagai duta museum tersebut," kata Nurliana.

Adapun persyaratan pendaftaran, warga negara Indonesia, tidak sedang menjalani proses hukum, tidak pernah terlibat narkoba atau memakai dan atau mengedarkan, mampu membaca Alquran, berusia antara 17 sampai 24 tahun dan belum menikah baik laki-laki maupun perempuan, tinggi badan 160 cm laki-laki dan 155 cm perempuan. 

Selain itu, mampu berbahasa Aceh serta bahasa Indonesia dengan baik dan menguasai salah satu bahasa asing, mempunyai pengetahuan atau wawasan tentang museum, ber-KTP domisili Aceh Utara, tidak menyandang atau belum pernah menyandang gelar juara I, II dan III pada pemilihan duta-duta lainnya.

"Pendaftaran itu dibuka hanya untuk 100 orang. Oleh karena itu, bagi putra dan putri Aceh Utara yang berminat mendaftarkan diri maka harus memenuhi persyaratan atau kriteria sebagaimana dimaksudkan tersebut," ujar Nurliana.

Untuk diketahui, Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib akrab disapa Cek Mad, telah meresmikan Museum Islam Samudra Pasai di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Selasa, 9 Juli 2019 lalu.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.