24 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Goyang Lidah ala Pak Agus

...

  • portalsatu.com
  • 03 March 2019 12:00 WIB

Bakso Pak Agus, Meulaboh. @Facebook.com
Bakso Pak Agus, Meulaboh. @Facebook.com


Jurnal oleh Taufik Sentana
Peminat traveling, kuliner dan budaya


Sepertinya kata "Pak Agus" tak asing lagi di benak masyarakat kota Meulaboh. Apalagi bila disandingkan dengan kata "Bakso", tentulah semakin lengket di ingatan, seperti lengketnya aroma khas masakan Pak Agus.

Sebelum memberanikan diri untuk membuka gerai khusus, Pak Agus hanya mengandalkan usahanya lewat gerobak bakso yang dibawa keliling. Ia juga pernah bergelut di usaha cendol jauh sebelum musibah tsunami melanda Meulaboh 2004 lalu. Ia mulai menetap di Aceh Barat sejak tahun 80-an dan berdomisili di Ujung Kalak: Daerah yang terimbas tsunami saat itu.

Karena musibah besar itu, ia beserta keluarga mesti tinggal di barak pengungsian dan mengandalkan uang "jadup", sembari bekerja di beberapa kelompok NGO sebagai pekerja biasa demi untuk menghidupi keluarga.

Dengan bermodal beberapa puluh juta hasil simpanan yang dapat ia sisihkan dari rezekinya yang lalu, Pak Aguspun bertekad membuka gerai sendiri dan membangun merek dagangnya "Bakso Pak Agus". Gerai tersebut terbilang sederhana dan bukan termasuk lokasi prioritas bagi penikmat kuliner sejenis bakso, yang berada di persimpangan empat arah ke Gampa. Sering dikenal dengan Simpang KB, searah dengan MIN Cot Lawang, Drien Rampak, Johan Pahlawan, Meulaboh. 

Namun karena niat yang baik dan pelayanan yang maksimal, gerai Pak Agus masih bertahan di tengah banyaknya gerai-gerai bakso sejenis di Meulaboh. Gerai Bakso Pak Agus sempat menjadi Primadona di Meulaboh karena rasa, aroma dan kualitas baksonya yang khas.

Untuk memenuhi rasa pelanggan, ia juga menyediakan Mie Pangsit, Ayam Penyet dan Nasi Goreng (yang digoreng langsung). Juga menyediakan beberap Jus standar dannjajanan ringan sebagai pelengkap.

"Alhamdulillah, sejak berdiri di awal masa tsunami, sekarang pelanggan kami cukup stabil. Saya tetap komitmen pada rasa, kualitas , harga terjangkau dan pelayanan. Walau tidak seramai saat dulu tapi dengan kunjungan yang rutin dan kepuasan pembeli insyaa Allah Bakso Pak Agus tetap Eksis" Katanya  memberikan tips "goyang lidahnya" saat penulis jumpai, tadi pagi (3/3/19)

Kini beliau sedang berusaha fokus untuk terus mengembangkan usaha ini agar bisa bersaing dengan usaha sejenis sambil menyiapkan dana untuk bisa memilki gerai sendiri nantinya.

Jadi, bila ke Meulaboh, mampirlah di Gerai Bakso Pak Agus. Rasanya khas dan kualitasnya terjaga.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.