21 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Harga Tiket Masuk Museum Tsunami Sesuai Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 10 October 2017 18:00 WIB

Museum Tsunami Aceh menerangkan retribusi tiket masuk bersama perwakilan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh, dan travel (10/10). @Ist
Museum Tsunami Aceh menerangkan retribusi tiket masuk bersama perwakilan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh, dan travel (10/10). @Ist

BANDA ACEH – Museum Tsunami Aceh melakukan sosialisasi retribusi tiket masuk bersama perwakilan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh, dan travel (10/10). Kebijakan retribusi tiket masuk ini berlandaskan Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2016 tentang Retribusi Jasa Usaha Museum Tsunami Aceh.

“Sosialisasi tahap awal sudah kita lakukan melalui media-media baik online maupun media sosial dan spanduk. Pemberlakuan tiket masuk per 1 Oktober 2017 sudah terpajang di spanduk besar yang dipasang di depan museum, namun kita masih dalam tahap sosialisasi untuk melihat bagaimana respon masyarakat. Artinya selama sosialisasi ini, masuk ke museum masih gratis,” ungkap Koordinator Museum Tsunami Aceh, Almuniza Kamal, SSTP., M.Si.

Ia juga mengatakan tiket yang selama ini diberikan kepada pengunjung adalah untuk menghitung akurasi data kunjungan setiap harinya, bukan tiket berbayar.

“Sosialisasi kita lakukan untuk melihat respon masyarakat. Namun ketika respon tersebut positif atau tidak, qanun ini harus tetap kita jalankan, karena ini akan menjadi pendapatan asli Aceh,” tambahnya.

Mujiburrizal, perwakilan dari ASPPI, mengusulkan agar dapat dilakukan sosialisasi kepada stakeholder pariwisata yang diundang langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh.

“Tujuannya agar tidak terjadi miskomunikasi di antara pelaku wisata. Dengan adanya sosialisasi yang lebih besar, diharapkan nantinya seluruh pelaku wisata contohnya guide tidak menemui kendala saat akan membawa tamu yang sudah deal dengan harga paket yang ditawarkan oleh travel-travel,” tambahnya.

Retribusi tiket masuk Museum Tsunami Aceh yang akan diberlakukan yaitu bagi anak-anak/pelajar/mahasiswa Rp 2.000 per orang, Dewasa Rp 3.000, sedangkan untuk tamu asing Rp 10.000 per orang.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.