20 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kapal Pesiar Bawa Ribuan Turis Singgah di Sabang

...

  • PORTALSATU
  • 18 December 2018 22:30 WIB

Kapal pesiar Seabourn Ovation. Foto: Seabourn.com
Kapal pesiar Seabourn Ovation. Foto: Seabourn.com

BANDA ACEH - Dua kapal pesiar, Seabourn Ovation, berbendera Bahamas, dan Tui Discovery, berbendera Kolombia, lempar sauh di Pelabuhan CT 3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang, Selasa, 18 Desember 2018.

Kapal pesiar itu singgah di Sabang sebelum melanjutkan perjalanan ke Phuket, Thailand. Namun, kapal Seabourn Ovations lebih dahulu meninggalkan kawasan tersebut, Selasa, pukul 15.20 WIB. Sedangkan Tui Discovery tarik jangkar pukul 18.00 WIB.

Kepala Pelabuhan BPKS Sabang, Zulkarnaini Abdullah, mengatakan dari kunjungan itu, 2.321 turis memasuki Kota Sabang hampir seharian setelah berlabuh pagi hari. Mereka disambut dengan tarian Ranup Lampuan, tarian khas Aceh untuk menyambut tamu. Penyambutan ini dilakukan pihak BPKS dan Pemko Sabang.

Sejumlah destinasi yang dikunjungi wisatawan seperti Pantai Iboih, Kilometer Nol, Gapang, serta mengelilingi pusat perbelanjaan di Pulau Sabang. “Turis yang dibawa oleh kapal pesiar Tui Discovery berjumlah 1.752 orang dan 569 lainnya berasal dari kapal MS Seabourn Ovation,” kata dia, Selasa.

Menurut Zulkarnaini, tahun ini sudah enam kapal pesiar singgah di Sabang. "Dampak kedatangan wisatawan tersebut dapat dirasakan para pedagang, tukang becak, serta pengusaha sektor pariwisata".

“Seratusan juta rupiah berputar uang yang dibelanjakan oleh para turis ini,” kata Zulkarnaini.

Kepala Pelabuhan BPKS Sabang ini merencanakan terus menarik minat wisatawan kapal pesiar (cruise) dan kapal layar (yacht) untuk berkunjung ke Sabang. Tahun depan, Zulkarnaini mengaku sudah ada 10 kapal pesiar yang dijadwalkan masuk ke Sabang.

Penulis: Rayful Mudassir.[]Sumber: bisnis.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.