12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ketupek, Pemantik Rindu Lebaran di Aceh

...

  • Fakhrurrazi
  • 25 May 2020 15:15 WIB

Foto: Fakhrurrazi/portalsatu.com
Foto: Fakhrurrazi/portalsatu.com

BLANGPIDIE - Semua daerah pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Betapa tidak, Indonesia yang memiliki kekayaan budaya hingga beragam macam kuliner yang sangat kaya. Tentu itu semua modal Indonesia untuk menggaet wisatawan mancanegara datang ke nusantara.

Aceh misalnya, daerah paling barat Indonesia ini termasuk memiliki kuliner yang sangat banyak. Setiap kabupaten/kota dalam Propinsi Aceh, selalu punya kuliner tradisional dan modern. Berbagai jenis kue kering dan kue basah juga banyak didapatkan di Nanggroe Aceh.

Ketupat, salah satu panganan yang wajib ada ketika perayaan hari-hari besar Islam di Aceh. Orang Aceh menyebutnya 'Ketupek' saat lebaran Idulfitri maupun Iduladha kudapan ini selalu terhidang di meja makan maupun ruang tamu rumah orang-orang Aceh. Bagi mereka hindangan ini wajib ada untuk menyambut tamu.

Ketupek ini berbahan dasar beras putih, santan kelapa, gula, dan sedikit garam agar perpaduan rasanya berimbang dan tidak pula terlalu asin. Kemudian, beras dan bahan-bahan lainnya tadi, dimasukkan ke dalam daun kelapa muda yang dianyam hingga membentuk jaring. Terakhir, ketupat siap direbus.

Saban lebaran Idulfitri, panganan ini selalu menjadi pemantik rindu berhari raya di kampung halaman. Lebih nikmat ketupek ini disajikan saat masih panas dan ditemani dengan selai atau tape nasi ketan dan putih. Ketupat dan tape ini, keduanya cukup membuat lebaran lebih berwarna.

Memang di setiap daerah Ketupat ini banyak dan mudah ditemukan. Namun berbeda dengan ketupat yang dibuat oleh warga Aceh. Perbedaannya ada pada bumbu dan rasanya yang menggoda lidah penikmatnya.

Setiap orang bisa saja memasak segala jenis makanan yang lezat. Tapi bagi masyarakat Aceh, membuat ketupat harus orang-orang yang khusus dan sudah berpengalaman serta turun temurun dilakukan. Mulai dari mengayam daun kelapa muda hingga memasaknya.

Selain ketupek tadi, masih banyak lagi kuliner serta kue-kue khusus lebaran di Aceh. Beberapa kue itu adalah, kue seupet atau kue jepit, timphan, tape nasi, leumang, lontong, rendang, dan masih banyak anek ragam kuliner khas Aceh pemantik rindu berlebaran di Tanah Rencong.

Selamat hari raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita berdoa semoga pandemi wabah Covid-19 ini cepat berakhir. Amin.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.