18 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kopi Gratis di Kute Coffee Takengon Selama Sepekan Desember 2019

...

  • portalsatu.com
  • 06 November 2019 16:45 WIB

Wisatawan luar Aceh Tengah dan Bener Meriah  akan mendapat suguhan secangkir kopi Gayo gratis selama sepekan, 2-8 Desember 2019 di Kute Coffee, Pasar Pagi - Bom, Takengon, Aceh Tengah.

Sajian kopi gartis itu dimaksudkan untuk memeriahkan acara Desember Kopi Gayo pada 7-8 Desember 2019 di Takengon dan Bener Meriah.

Manajemen Kute Coffee, Zam Zam Mubarak, mengatakan hal itu, Rabu (6/11/2019).

"Pengunjung luar Aceh Tengah dan Bener Meriah langsung mendapat segelas kopi Gayo gratis cukup dengan memperlihatkan identitas dan mengisi buku tamu di Kute Coffee," kata Zam Zam.

Ia mempersilakan masyarakat luar Aceh Tengah dan Bener Meriah berbondong-bondong datang ke Tanah Gayo selama masa panen kopi sambil menikmati beragam atraksi seni dalam acara Desember Kopi Gayo.  "Resapi alamnya, hayati seni budayanya, nikmati kopinya," kata Zam Zam Mubarak.

Rangkaian pertunjukan seni yang ditampilkan seluruhnya bertema kopi,  dihelat di kebun kopi, warung kopi, dan pabrik kopi di Aceh Tengah dan Bener Meriah, serta kawasan wisata Bur Telege Takengon. Juga diselenggarakan lomba menampi kupi, menyelei kupi (menggongseng kopi) dan munutu kupi (memproses kopi jadi bubuk secara tradisional), serta lomba masak pengat, kuliner khas Gayo.

"Desember Kopi Gayo" merupakan rangkaian kegiatan mengisi  panen raya kopi. Kegiatan ini dimulai pada 2016 silam bernama "November Kopi Gayo" dimaksudkan untuj merayakan panen kopi.

Dataran Tinggi Gayo, meliputi Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Provinsi Aceh, merupakan penghasil utama kopi arabika di Indonesia dengan luas areal 106 ribu hektar. Kopi Gayo telah dikenal luas di manca negara, merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat setempat. Kopi Gayo diusahakan oleh 80 persen masyarakat di dua kabupaten tersebut melalui perkebunan kopi rakyat. Masyarakat klasik Gayo menyebut kopi dengan istilah "sengkewe" dan punya mantra sendiri pada saat petani menanam kopinya.[] Rilis

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.