16 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kota kuno Ani bantu hubungkan Turki - Georgia

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 07 August 2018 09:00 WIB

Kota Ani, Turki. @Anadolu Agency
Kota Ani, Turki. @Anadolu Agency

"Saya di sini untuk mengungkap apa yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan Ani pada Georgia," Duta Besar Turki untuk Georgia, Fatma Ceren Yazgan

KARS, Turkey - Kota kuno di timur Turki, Ani adalah penghubung dalam hubungan yang sehat antara Ankara dan Tbilisi, kata duta besar Turki untuk Georgia pada hari Minggu.

“Sejarah adalah bagian dari peningkatan hubungan budaya antara Turki dan Georgia. Ani adalah bagian dari hubungan Turki-Georgia serta hubungan regional,” Fatma Ceren Yazgan mengatakan kepada Anadolu Agency selama turnya tentang reruntuhan Ani di timur provinsi Kars.

Disebut juga sebagai Kota Dunia, Kota 1.001 Gereja, Tempat Lahir Peradaban dan Kota dengan 40 Pintu, kota kuno itu ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2016.

“Ani mempunyai status yang terkenal di UNESCO. Saya di sini untuk mengungkap apa yang bisa kami lakukan untuk memperkenalkan Ani ke Georgia,” yang perbatasannya dekat, katanya.

Minat terhadap situs ini dari wisatawan Turki dan asing tumbuh ketika bergabung dengan Daftar Warisan Dunia UNECSO, Yazgan menambahkan.

Terletak di sepanjang perbatasan Turki dengan Armenia, situs ini, termasuk karya arsitektur Islam dari abad 11 dan 12 adalah ibu kota kaisar Armenia dari tahun 961 hingga 1045 Masehi, pada masa Dinasti Pakradouni.

Permukiman pertama di Ani ada sejak 3.000 SM dan dalam sejarahnya terdapat hampir dua lusin peradaban.

Wisatawan menunjukkan ketertarikan yang besar terhadap Masjid Abul Manuchihr, masjid Turki pertama, Gereja Amenaprgic dan Katedral Ani.

Yaren Zeynep Saglam, seorang pengunjung, menyatakan kekagumannya terhadap situs arkeologi tersebut.

“Ada karya-karya hebat di sini, arsitekturnya sempurna. Saya benar-benar terkesan, ”katanya.[]Sumber:anadoluagency

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.