19 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lezatnya Kuliner Hatay, Turki Pikat Jaringan Kota Kreatif UNESCO

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 01 July 2018 13:00 WIB

Kuliner kebab nampan (talam) asal Hatay, Turki. @Anadolu Agency
Kuliner kebab nampan (talam) asal Hatay, Turki. @Anadolu Agency

UNESCO memilih kota yang terletak di selatan Turki ini sebagai Jaringan Kota Kreatif

HATAY, Turki - Kota Hatay yang terletak di selatan Turki terpilih sebagai Jaringan Kota Kreatif Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), karena menawarkan lebih dari 600 kuliner lokal.

“Kuliner Hatay akan diperkenalkan di daerah domestik dan internasional,” ujar Walikota Hatay Lutfu Savas kepada Anadolu Agency.

Savas mengatakan, latar belakang kultur dan sejarah Hatay telah menginspirasi beberapa jenis masakan.

Savas menambahkan, pemerintah kota bekerja keras untuk menjadikan Hatay sebagai kota gastronomi sejak 2010.

Savas menuturkan, pihaknya telah menyelenggarakan beberapa roadshow untuk memperkenalkan kuliner Hatay, dan mereka akan mengekspor kuliner Hatay terutama ke Eropa dan Timur Tengah.

Ketua Perhimpunan Chef Hatay, Sedat Inanc mengatakan, kuliner Hatay mendapat pengaruh dari Arab, Anatolia, Asia dan Eropa.

Inanc menekankan bahwa Hatay tidak memiliki fasilitas memadai untuk menyajikan seluruh variasi rasa.

“Kami ingin menerbitkan buku untuk mendokumentasi kuliner kami,” tambah Inanc.

Menurut UNESCO, dengan iklimnya yang sejuk, Hatay merupakan wilayah yang memiliki kekayaan flora. Kekayaan flora ini kemudian memungkinkan pertumbuhan industri tanaman obat-obatan dan aromatik yang sekarang menyumbang 60 persen dari produk domestik bruto (GDP) Hatay.

UNESCO menambahkan, Hatay juga telah menyediakan lapangan pekerjaan bagi perempuan dan penyandang disabilitas dengan mendirikan Down Cafe 2016 lalu. Down Cafe hanya memperkerjakan penyandang disabilitas serta ibu-ibu relawan.

Jaringan Kota Kreatif menilai dari tujuh aspek, yaitu; desain, film, gastronomi, sastra, seni media, musik, kerajinan tangan dan kesenian rakyat.

Terdapat tiga kota lain di Turki yang terdaftar dalam lingkup Jaringan Kota Kreatif. Kota-kota tersebut antara lain; Istanbul (desain), Kutahya (kerajinan tangan dan kesenian rakyat), dan Gaziantep (gastronomi).[]Sumber:anadolu agency

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.