16 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Libur Akhir Tahun: Penumpang ke Sabang Membludak, Ini Langkah Otoritas Pelabuhan

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 30 December 2017 17:00 WIB

Foto ilustrasi. @Dok. RRI
Foto ilustrasi. @Dok. RRI

BANDA ACEH - Jumlah penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh ke Balohan, Sabang, pada liburan akhir tahun 2017 meningkat mencapai 60 persen. 

"Untuk penumpang ada kenaikan sekitar 60 persen dari biasanya selama musim liburan dan tahun baru ini," kata Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, Aqil Perdana, dikonfirmasi portalsatu.com, Sabtu, 30 Desember 2017.

Menurut Aqil, jumlah penumpang meningkat sejak tanggal 20 Desember. Rata-rata penumpang adalah wisatawan domestik dan mancanegara yang berlibur ke Sabang.

Aqil menyebutkan, pihaknya menyiapkan empat kapal cepat dan tiga Kapal Motor Penumpang (KMP) atau kapal lambat untuk mengantisipasi semakin melonjaknya jumlah penumpang. Jadwal keberangkatan kapal lambat tiga kali sehari, yakni pukul 08.00, 10.00, dan 16.00 WIB.

"Apabila kondisinya perlu dilakukan penambahan, akan kita tambahkan jadwalnya pada pukul 14.00 WIB," ujar Aqil.

Antisipasi lainnya yang dilakukan pihak pelabuhan, melayani penitipan kendaraan bagi para penumpang yang tidak membawa kendaraannya menyeberang.

"Untuk kendaraan saat ini masih tertampung oleh tiga KMP yang bisa mengangkut kendaraan. Karena akan sangat padat sekali nantinya di Pelabuhan Balohan, kita dari pihak otoritas pelabuhan menyarankan untuk dititipkan saja kendaraan," kata Aqil.

"Namun apabila mereka ingin membawa kendaraan, tidak masalah juga. Jika penumpang tidak membawa kendaraan, kita punya tempat penyimpanan kendaraan dengan kapasitasnya yang lumayan, lahan parkir yang luas," ujarnya.[]

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.