15 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Menpar Arief Yahya: Lomba Video Drone Branding Kuat Promosikan Pulau Weh

...

  • PORTALSATU
  • 06 December 2017 17:20 WIB

Juara 1 dengan judul “Pantai Iboih” karya Ahmad Ariska
Juara 1 dengan judul “Pantai Iboih” karya Ahmad Ariska

SABANG -- Skygrapher Medan keluar sebagai juara lomba video drone (kamera udara) di Sail Sabang 2017.  Felix Lewy, sang pemenang menampilkan pesona tersembunyi Pulau Weh, pulau terluar di ujung barat nusantara.

Felix memberi judul “The Beautiful Sabang, Weh Island” . Video berdurasi 2:46 ini mengupas habis pesona keindahan Pulau Weh. Pantas bila karya Felix menempati peringkat satu, selain mengambil gambar dari udara, dia juga merekam pemandangan bawah air di Pulau Sabang. Sail Sabang sendiri dilaksanakan mulai tanggal 27 November hingga 5 Desember 2017.

Beberapa objek wisata di Pulau Weh seperti wisata pantai, air terjun, danau, pesona bawah laut, bahkan sampai pemandian air panas semakin memanjakan mata penonton, sekaligus membangkitkan rasa penasaran untuk berkunjung ke Pulau Weh.

Felix merangkum obyek wisata itu dengan apik antara lain: Pantai Ujung Kareung, pantai dengan terumbu khas karang bebatuan laut, Pantai Pasir Putih dengan ombak tenang, serta Pantai Lboih, dengan spot terbaik untuk diving dan snorkeling. 

Musik latar dalam video “The Beautiful Sabang, Weh Island” ini menjadi penilaian tersendiri bagi juri. Felix memilih lagu How far I'll Go oleh Alessia Cara. Alunan musik ini video ini secara langsung mewakili keindahan Panorama Pulau Weh.

Potongan gambar model cantik kala melalukan diving dan snorkeling dengan hamparan biota laut Pulau Weh membuat video ini terasa semakin hidup, benar benar melukiskan Pulau Weh sebagai surga tersembunyi di Provinsi Nanggoroe Aceh Darussalam. 

Butuh waktu sekitar dua bulan bagi panitia untuk menyeleksi karya-karya tersebut sebelum mengetok palu, pemenang kompetisi ini. Hasil karya para peserta terlebih dahulu menjalani proses penjurian alot serta melibatkan tiga orang juri profesional di bidang masing-masing, mereka adalah Davi Abdullah, Hotli Simanjuntak dan Step Vaessen.

Kabid Pemasaran Dinas Budaya dan Pariwisata Aceh, Ramadhan menjelaskan, lomba video dan foto keindahan serta keunikan alam dan budaya Sabang drone ini digagas untuk menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara dalam menggali wisata bahari di Pulau Weh. 

Lomba  terbagi dalam dua kategori, lomba video drone dengan durasi terpendek satu menit dan terpanjang tiga menit dipadukan dengan ground video sebanyak 20 persen dari total durasi. Dalam kategori video drone, panitia mengizinkan peserta lebih dari satu orang, alias tim.

Sedangkan,  lomba kategori foto drone, memiliki aspek peniliai teknis fotografi (tajam, terang, jelas), komposisi, kesesuaian dengan tema, estetika dan keunikan. Namun, untuk kategori ini, peserta hanya satu orang.

Kategori foto drone, karya Ahmad Ariska keluar menjadi juara . Ahmad memberi judul foto Pantai Iboih. Kemudian, Hermansyah menempati posisi runner -up dengan gambar berjudul Transparent Beauty.

Bagi Menteri Pariwisata  Arief Yahya,  lomba video drone dan foto ini adalah branding kuat untuk mempromosikan destinasi bahari di Pulau Weh. Video, foto dan tulisan bisa mempengaruhi opini publik terhadap macam -macam destinasi wisata.

“Sebanyak 60 persen orang paling suka melihat video atau gambar bergerak. Kemudian 35 persen foto dan lima persen orang masih suka membaca text, apalagi nanti foto-foto itu viral di sosial media, wah sangat bermanfaat sekali," ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar juga menyebut, makna kemenangan itu adalah 3C. "Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara eksternal memperkuat Credibility. Dan sudah lolos dari Calibration melalui global standart atau kriteria para juri yang berkelas dunia," kata Arief. Selamat untuk para pemenang!

Berikut Daftar Juara Lengkap Video Drone dan Foto Drone

DAFTAR JUARA VIDEO DRONE
Juara 1 dengan judul “The beautiful Sabang, weh island”    karya Felix Lewy

Juara 2 dengan judul “The sound of nature” karya Ricky Pratama

Juara 3 dengan judul “Ceritaku untukmu” karya Hendra Murdani

Tiga juara harapan dengan judul “Sabang benar-benar Indonesia” karya Ferdi, “Pesona pulau weh” karya Suhiel, Ahmad Ariska, Syahrial serta video dengan judul “The Journey Starts From Here” karya Alsa Bario Rusman.

DAFTAR JUARA FOTO DRONE
Juara 1 dengan judul “Pantai Iboih” karya Ahmad Ariska

Juara 2 dengan judul “Transparent beauty” karya Hermansyah

Juara 3 dengan judul “Floating in the crystal water” karya Wahyu Hidayat

Tiga juara harapan masing-masing dengan judul “Peraduan Mentari Nusantara di 0 Km Indonesia” karya Rizki Amharriansyah, “Sabang Touches The World” karya Irfandi serta karya Carey Nataliady.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.