12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pantai Puloe Baroe Destinasi Wisata Baru di Abdya

...

  • Fakhrurrazi
  • 30 May 2020 11:00 WIB

Foto: Fakhrurrazi/portalsatu.com
Foto: Fakhrurrazi/portalsatu.com

BLANGPIDIE - Aceh memiliki banyak objek wisata indah, termasuk di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Kabupaten hasil pemekaran Aceh Selatan pada tahun 2002 silam ini menyimpan banyak lokasi wisata alam.

Terletak di tengah-tengah lintas Barat Selatan Aceh, kabupaten beribukota Blangpidie ini menjadi tempat transit berbagai arus barang dan orang. Lokasi ini begitu strategis untuk wisatawan singgah dan mengunjungi tempat-tempat indah di Abdya.

Negeri berjuluk Breuh Sigupai ini mempunyai kawasan pantai sangat eksotis. Beberapa pantai tersebut bernama Pantai Jelbab, Pantai Bali, Dermaga Ujong Serangga, Pasie Ujong Manggeng, Cemara Indah dan masih banyak lainnya.

Belakangan, hadir tempat wisata baru dengan nuansa dan konsep berbeda. Tempat ini bernama Pantai Puloe Baroe, di Gampong Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya.

Lokasi wisata milik Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Pulau Kayu tersebut menjadi daya tarik pengunjung yang ingin menikmati suasana baru. Pondok-pondok kecil dibangun di atas air, dihubungkan dengan jembatan kayu.

Kondisi seperti inilah yang menjadi daya tarik pengunjung memilih tempat ini. Bisa dibilang hampir mirip dengan pondok-pondok pantai Lhok Seudu. Saban sore, lokasi ini menjadi tempat favorit remaja di Abdya, apalagi akhir pekan sangat ramai.

Selain itu, pemilik lokasi ini juga menyediakan perahu bebek untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana keliling danau sambil menunggu matahari tenggelam. Kalangan remaja sering menjadikan lokasi ini sebagai spot foto yang instagramable.

Salah satu pengunjung, Darma, yang datang bersama keluarganya mengatakan, ia baru mengetahui lokasi wisata ini dari postingan temannya. Lokasinya yang bagus, asri, dan banyak pohon cemara membuatnya ingin kemari.

"Saya belum tahu waktu itu, saya lihat dari postingan teman saya. Tempatnya bagus sih, dingin, banyak pohon cemara. Abis itu bagusnya lagi ada pondok kayak yang di pantai Lhok Seudu, pondok di atas air itukan," kata Darma kepada portalsatu.com, Jumat, 29 Mei 2020, sore.

Warga Gampong Jeumpa Barat ini mengaku tempat ini tidak begitu jauh dari pusat kota Blangpidie. "Dari Blangpidie kalau enggak salah cuma 10 sampai 15 kilometer jaraknya. Naik motor sekitar 15 menitlah. Masuknya itu dari Simpang Cemara Indah," ungkapnya.

Kepada pemilik usaha wisata Pantai Puloe Baroe, Darma mengharapkan dibuat petunjuk arah atau jalan menuju lokasi wisata tersebut. Petunjuk arah ini penting bagi pengunjung luar daerah yang datang ke Abdya, sehingga mereka tidak bingung mencari lokasinya.

"Dibuat petunjuk arahlah di pinggir jalan, sayang juga kalau ada tamu dari luar kebingungan cari tempat wisata. Saya aja tadi sempat enggak tahu di mana tempatnya," pungkas Darma[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.