23 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Penampakan Kota Tua Jeddah, Pintu Masuk Haji ke Dua Tanah Haram

...

  • LIPUTAN6
  • 10 September 2019 09:00 WIB

Gerbang batu di Kota Tua Jeddah. @Nurmayanti/Liputan6.com
Gerbang batu di Kota Tua Jeddah. @Nurmayanti/Liputan6.com

Madinah - Kota Tua Jeddah menjadi pintu masuk ke dua kota suci yakni Makkah dan Madinah. Lokasi tepatnya, di Al-Balad Historical District. Terletak di pantai timur Laut Merah.

Kota ini konon telah berumur 3.000 tahun.  Dari sini, jemaah haji  seluruh dunia menginjakkan kaki saat pertama kali menuju Tanah Suci. Usai berpuluh hari hingga hitungan bulan naik kapal laut dari negaranya masing-masing.

Awalnya, rute haji dimulai pada zaman Khalifah Utsman bin Affan. Khalifah ketiga ini membangun gerbang menuju Makkah dan Madinah. Jalur ini digunakan jemaah haji sejak itu.

Kala itu, jemaah haji menggunakan berbagai alat transportasi darat untuk sampai menuju Tanah Haram. Mulai dari onta, kuda, keledai hingga berjalan kaki.

Rumah Menara

Di kota tua Jeddah, terdapat rumah bertingkat atau menara yang berumur mencapai ratusan tahun. Rumah-rumah ini dihuni warga Jeddah secara turun temurun.

Desain rumah menara sangat unik. Terbuat dari batu karang dan kayu yang sangat kuat. Konon kayu ini juga ada yang dibawa dari Pulau Jawa.

Selain rumah, terdapat sebuah masjid bernama Al-Syafi. Umur dari peribadatan Umat Islam ini mencapai 1.000 tahun. Dilengkapi dengan menara yang berumur 800 tahun.[]Sumber:liputan6.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.