15 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Simeulue Bentuk Komunitas Cinta Pariwisata

...

  • portalsatu.com
  • 14 November 2019 14:00 WIB

Sekda Simeulue, Ahmadlyah melantik Komunitas Generasi Cinta Pariwisata Simeulue (GCPS) Rabu (13/11) [Foto: Egar Shabara]
Sekda Simeulue, Ahmadlyah melantik Komunitas Generasi Cinta Pariwisata Simeulue (GCPS) Rabu (13/11) [Foto: Egar Shabara]

Komunitas Generasi Cinta Pariwisata Simeulue (GCPS) dibentuk untuk melakukan pengawasan terhadap sejumlah aset objek destinasi wisata di daerah kepulauan tersebut.

SINABANG – Beberapa objek wisata yang masuk dalam pengawasan komunitas ini adalah objek wisata air terjun, pantai, danau dan kawasan objek wisata bahari lainnya. Mereka juga mempromosikan berbagai objek wisata tersebut ke dunia luar.

Pelantikan komunitas GCPS ini dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Simeulue, Ahmadlyah, Rabu. 13 November 2019. Menurutnya GCPS diamanahkan untuk memajukan, mempromosikan, dan mampu melahirkan ide-ide untuk kemajuan pariwisata Simeulue.

“GCPS juga bertanggungjawab dalam pengawasan dan penjagaan asset destinasi objek pariwisata dari pengrusakan, seperti objek wisata air terjun di Kecamatan Simeulue Tengah," kata Ahmadlyah. 

Komunitas GCPS juga diminta untuk mengawasi prilaku wisatawan dengan tujuan yang dapat mengancam stabilitas keamanan negara, serta memberikan sosialisasi kepada warga untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan terkusus lingkungan objek pariwisata, termasuk menjaga sistem wisata bersyariat dan halal yang berlaku di Provinsi Aceh.

Dia juga menyinggung untuk pemandu wisata, selain lancar sejumlah bahasa asing, juga harus mahir dan handal dalam komunikasi berbahasa lokal di Kabupaten Simeulue. Serta dituntut wajib paham secara detail tentang seluk beluk budaya, kearifan lokal dan sejarah pulau Simeulue, termasuk kendala dan hambatannya.

"Sektor pariwisata di Kabupaten Simeulue, jangan parsial atau terkotak-kotak. Tidak saling mendukung, harus terintegrasi antar SKPK, kecamatan, desa dan komunitas. Sehingga ada dampak kemajuan pariwisata kita, sehingga ada pertumbuhan ekonomi masyarakat, misalnya ada usaha atau produk masyarakat, tentu ada kaitannya dinas pariwisata dan Dinas perdagangan," pungkasnya.  [Egar Shabara]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.