09 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Sabang Marine Festival 2016
Staf Khusus Menpar RI Harap Jumlah Kapal Yacht Terus Bertambah ke Sabang

...

  • RAZIE SABANG
  • 26 April 2016 23:30 WIB

@Dok BPKS
@Dok BPKS

SABANG - Sabang Marine Festival II resmi dibuka oleh Staf Khusus Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Dwisuryo Indroyono Soesilo di Arena Sabang Fair, Sabang, Selasa, 26 April 2016 sore. Pembukaan tersebut ditandai dengan tabuhan rapai bersama Kepala BPKS Fauzi Husin dan Sekda Aceh Dermawan.

Kegiatan ini telah dua kali dilaksanakan BPKS bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh serta Dinas Pariwisata Sabang. Kegiatan yang bertujuan menarik wisatawan mancanegara pecinta kapal layar ini turut mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Staf Khusus Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Dwisuryo Indroyono Soesilo mengatakan, ada tiga kebijakan penting yang perlu diimplemantasi secara bersama-sama untuk meningkatkan kunjungan wisata, khususnya tamu wisata yang masuk via jalur laut di Indonesia.

"Ada tiga kebijakan baru yakni bebas visa, dipermudahnya izin masuk yacht dan kemudahan bagi kapal-kapal pesiar," ujar Staf Khusus Menteri Pariwisata RI, Dwisuryo Indroyono Soesilo.

Dia mengatakan pemerintah membebaskan visa masuk untuk 169 negara. Selain itu mempermudah yacht ke Sabang dengan hanya memerlukan izin dari QICP atau Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai serta Syahbandar bagi para wisatawan.

"Pelayanan QICP sendiri untuk di Sabang, kurang dari 2 jam sudah selesai. Begitu juga dengan kemudahan masuknya kapal pesiar (cruise)," katanya.

Dengan kebijakan tersebut, dirinya berharap dapat meningkatkan angka kunjungan wisata ke Indonesia, khususnya Sabang untuk membangkitkan kembali kejayaan Sabang masa lalu.

Dwisuryo juga mengapresiasi penyelenggaraan Sabang Marine Festival sebagai angenda tahunan yang akan berlangsung secara berkelanjutan. Dia memastikan pada tahun depan Kementrian Pariwisata RI juga akan mendukung kegiatan ini agar kembali dilaksanakan.

"Sabang Marine Festival 2016 ini kita harapkan akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang hingga program pemerintah di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terwujud, dan memiliki dampak ekonomi yang signifikan pada masyarakat, khususnya masyarakat Sabang," ujarnya.

Namun untuk kembali memeriahkan event Sabang Marine Festival pada tahun selanjutnya, Indroyono berharap ke depan kapal-kapal ini bisa datang lebih banyak lagi.

"Mungkin untuk pelaksanaan tahun depan, kita harus mempersiapkan mulai tahun ini. Sehingga dapat memberikan persiapan yang matang bagi peserta Sabang Marine Festival," katanya.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.