13 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Surat Antara Sultan Aceh dan Turki Usmani Kembali Dipamerkan di Istanbul

...

  • portalsatu.com
  • 22 December 2019 16:30 WIB

Pameran Manuskrip dan Surat Korespondensi antara Ottoman dan Aceh, 19-20 Desember 2019, Marmara University, Istanbul, Turki.
Pameran Manuskrip dan Surat Korespondensi antara Ottoman dan Aceh, 19-20 Desember 2019, Marmara University, Istanbul, Turki.

Sukses dalam melaksanakan kegiatan Pameran Sejarah dan Kebudayaan Indonesia yang bertema Aceh-Turki pada 2-3 November silam di Istanbul, IKAMAT (red- Ikatan Masyarakat Aceh-Turki) kembali melaksakan Pameran Manuskrip & Surat Korespondensi Aceh-Turki di Istanbul pada tanggal 19-20 Desember 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Exhibition area milik Marmara University Faculty of Theology.

Pada Kegiatan ini IKAMAT menampilkan beberapa display yang menjelaskan tentang sejarah Kesultanan Aceh serta sejarah hubungan Aceh Darussalam – Turki Usmani. Display yang bersumber dari Museum Aceh ini berisi penjelasan dalam bahasa Turki yang mana telah di terjemahkan oleh tim penerjemah IKAMAT. Pada kesempatan ini juga turut ditampilkan Manuskrip & Dokumen Korespondensi yang mana dulu di kirimkan oleh pihak Kesultanan Aceh kepada Pemerintah Ottoman. Dokumen korespondensi tersebut bersumber dari Badan Arsip Negara Turki dan hingga sekarang naskah aslinya masih tersimpan disana.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menarik banyak perhatian para pengunjung dan beberapa dari meraka mengrapresiasi akan kegiatan ini. Sebagai Ketua Panitia Taufiq Kurniawan sangat puas terhadap feedback yang didapat dari para pengunjung akan kegiatan ini. ''Selama keberadaan kita di Turki kita akan berupaya menyampaikan informasi tentang Sejarah Aceh-Turki di masa lampau kepada masyarakat Turki, salah satunya dengan menampilkan manuskrip yang mana bisa di jadikan sebagai bukti otentik sejarah'' imbuh taufiq yang juga menjabat sebagai Tuha Peut (Penasehat-Red) Ikamat.

Kegiatan ini disponsori oleh Marmara University sebagai Penyedia fasilitas tempat kegiatan dan OSMAD (Malay Dünyasi Çalismalari Uygulama ve Arastirma Merkezi/ Pusat Penelitian Dunia Melayu) Fatih Sultan Mehmet University sebagai sponsor pendukung.

Ketua IKAMAT Muhammad Haykal juga turut mengapresiasi seluruh sponsor dan panitia yang terlibat selama acara berlangsung, ia juga mengatakan kedepannya IKAMAT juga berencana untuk mengadakan lebih banyak lagi acara-acara serupa, baik di Istanbul maupun di kota-kota lain seantreo Turki.

‘’Kami saat ini sedang dalam proses komunikasi dengan pihak kampus-kampus di Istanbul seperti Istanbul University, Fatih Sultan Mehmet Vakif University, dll. Dimana kita menginginkan agar pameran seperti ini dapat dilanjutkan dalam konteks ‘bergilir’ bertajuk Roadshow of the Ottoman – Aceh Manuscript Exhibitions. Tentu kita juga berharap support langsung dari pemerintah daerah dan pusat,’’ imbuhnya.

Sejak didirikan pada 15 Oktober 2011 yang lalu, selain aktif sebagai organisasi kekeluargaan, IKAMAT juga aktif sebagai perpanjangan tangan dari soft diplomacy Indonesia. Dengan dukungan pemerintah pusat & pemerintah Aceh IKAMAT berkomitmen untuk terus melanjutkan kegiatan sosial, budaya yang mana dapat berperan aktif dalam meleburkan sekat antara hubungan sosial masyarakat Turki dan Indonesia secara umum, dan terkhusus Aceh.[] Rilis

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.