Beranda Batam Masyarakat Aceh Batam Wilayah Tembesi Peringati Maulid Nabi

Masyarakat Aceh Batam Wilayah Tembesi Peringati Maulid Nabi

0
Perkumpulan Masyarakat Aceh (Batam) Rayon Tembesi Sagulung peringati Maulid Nabi, di Meunasah Seuramoe Aceh Sabtu malam, 30 Januari 2021. @Yanis Alfata

Perkumpulan Masyarakat Aceh (Batam) Rayon Tembesi kecamatan Sagulung peringati Maulid Nabi. Perayaan tersebut berlangsung di Meunasah Seuramoe Aceh pada Sabtu malam, 30 Januari 2021.

Perayaan Maulid Nabi tersebut diwarnai dengan serangkaian kegiatan dimulai dengan pembacaan Kitab Suci Alquran, kemudian dilanjutkan dengan shalawat, sambutan tokoh-tokoh masyarakat, dan diakhiri dengan tausiyah oleh Teungku Muhammad bin Zamzami yang merupakan mubaligh muda alumni Dayah Tanoh Mirah.

Perayaan malam itu turut dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, di antaranya: perwakilan dari muspika dan muspida, ketua Permasa Kepri Nanggroe Sulaiman, ketua Permasa Batam Juanda, Anggota DPRD Batam Muhammad Syafe’i, dan beberapa tokoh lainnya.

Juanda, Ketua Permasa Batam, dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Aceh di kota Batam dibagi dalam 13 rayon. Masing-masing dari Rayon ada kegiatan Maulid Nabi, oleh karena itu, Juanda mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh untuk saling membantu setiap ada kegiatan di rayon mana pun.

“Di Rayon mana pun yang mengadakan kegiatan, kita wajib membantu tanpa membeda-bedakannya. Alhamdulillah saat ini sudah berlangsung demikian, dan rasa peduli kita jangan sampai pudar,” ucap pria kelahiran Sabang tersebut kepada media.

Lanjut Juanda, terkait dengan pendataan warga Aceh di Batam ini perlu ditanggapi serius. Pasalnya, pendataan ini sangat penting bila suatu peristiwa yang terjadi semisal musibah atau pun lainnya mudah untuk diketahui dan dihubungi ke kampung halaman.

Juanda mencontohkan kejadian tempo hari atas meninggalnya salah satu orang Aceh di Kecamatan Bengkong, kejadian itu membutuhkan waktu yang lama untuk berkomunikasi dengan pihak keluarga di kampung halaman. Oleh sebab itu, kejadian yang telah telah terjadi tersebut menjadi pelajaran bagi kita betapa pentingnya pendataan.

“Pendataan ini bukan untuk kepentingan pengurus, ini untuk kepentingan bersama, dan demi kemaslahatan bersama,” tutupnya.

Perkumpulan Masyarakat Aceh (Batam) Rayon Tembesi Sagulung peringati Maulid Nabi, di Meunasah Seuramoe Aceh Sabtu malam, 30 Januari 2021. @Yanis Alfata

Sementara itu, Teungku Muhammad bin Zamzami yang mengisi ceramah malam itu menyampaikan bahwa keteladanan Rasullulah SAW. patut dicontohkan. Kegiatan Maulid nabi ini bukan semata-mata sebuah perayaan yang diisi dengan kegiatan ceramah dan makan-makan saja. Akan tetapi setelah melaksanakan kegiatan Maulid ini, bisa memberikan efek kepada jamaah sekalian. Dalam artian terjadi perubahan dalam hidup kita ke depannya.

“Setelah kegiatan ini, mari kita lebih mencintai Rasullulah, dan lebih mencintai agama. Mendekatkan diri dengan ibadah, melaksanakan ibadah wajib dan sunnah, menghadiri majelis taklim di Masjid-masjid atau di mushala, dan berbuat baik lainnya,” katanya.[]

Laporan: Yanis Alfata, Biro Batam.

Baca Juga: 52 Lintas Komunitas Batam Galang Dana Kemanusiaan

thayeblohangen.wordpress.com

Tinggalkan Balasan