Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaDaftar Pemilih Sementara...

Daftar Pemilih Sementara Aceh Selatan 160.766 Orang

TAPAKTUAN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan menggelar rapat pleno tentang penetapan daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017, di Aula Diklat BKPP, Tapaktuan, Senin, 31 Oktober 2016.

Rapat pleno dipimpin Ketua KIP Aceh Selatan Khairunis Absir, dihadiri seluruh komisioner KIP, ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) serta tim kampanye enam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Khairunis Absir mengatakan, hasil rapat pleno tersebut telah diputuskan jumlah keseluruhan DPS untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017 ialah 160.766 orang. Pemilih laki-laki sebanyak 78.448 dan perempuan sebanyak 82.318, tersebar di 260 desa dalam 18 kecamatan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 391.

“Daftar pemilih sementara itu berasal dari KPU RI yang dikirim ke KIP Aceh yang kemudian disampaikan ke KIP di masing-masing kabupaten/kota. Sebelum diplenokan data tersebut terlebih dulu dilakukan pencocokan dan penelitian oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara bersama PPS di masing-masing desa. Selanjutnya data tersebut diserahkan PPS kepada KIP Aceh Selatan,” kata Khairunis.

Khairunis menyatakan, dalam rapat pleno tersebut, seluruh peserta yang hadir tidak ada yang mengajukan koreksi atau aksi protes. Karena antara data pada KIP Aceh Selatan sudah sesuai atau sinkron dengan data dipegang pihak Panwaslih.

Ia mengatakan setelah pleno di tingkat kabupaten, DPS tersebut akan diplenokan kembali KIP Aceh di tingkat provinsi pada 2-3 November 2016. Selanjutnya DPS tersebut akan didistribusikan ke PPS untuk ditempelkan di tempat umum di masing-masing desa mulai tanggal 3-9 November 2016.

“Tujuan DPS tersebut ditempelkan di tempat umum di masing-masing desa untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang namanya tidak terdaftar sebagai pemilih dalam DPS untuk dimasukkan kembali, termasuk perbaikan nama dan tempat tanggal lahir jika ada kesalahan dan kesilapan,” jelasnya.

Menurutnya, tanggapan masyarakat terhadap DPS diberikan waktu mulai tanggal 10-19 November 2016. Selanjutnya masa perbaikan DPS tersebut mulai tanggal 20-24 November 2016.

“Data pemilih yang sudah dilakukan perbaikan tersebut akan diserahkan oleh PPS melalui PPK kepada KIP Aceh Selatan pada 30 November. Selanjutnya KIP Aceh Selatan menggelar rapat pleno DPT pada 6 Desember. Sedangkan rapat pleno DPT tingkat provinsi akan digelar tanggal 7 Desember 2016. DPT tersebut akan didistribusi ke PPS dari tanggal 7–8 Desember, dan pengumuman DPT oleh masing-masing PPS dari tanggal 17 Desember 2016 hingga 15 Januari 2017,” sebutnya.[]

Laporan Hendrik 

Baca juga: