27.2 C
Banda Aceh
Selasa, Mei 18, 2021

Mualaf Gabriel Sedih karena Epilepsi Dia Tidak Boleh Berpuasa

BERITA DAERAH

DUBAI – Ketika ekspatriat Inggris, Alexander Gabriel telah memeluk Islam dan mengetahui bahwa dia tidak bisa berpuasa, berita itu seperti pukulan besar baginya. Guru sekolah di Dubai berusia 32 tahun ini menderita epilepsi.

Dia mengalami kejang yang dipicu dehidrasi, ketika dia pertama kali mencoba berpuasa Ramadhan sebagai seorang Muslim baru pada 2014, ketika dia mengajar di Mesir.

“Selama Ramadan pertama saya, saya menemukan bahwa saya tidak dapat mengikuti puasa karena saya menderita epilepsi. Saya mengalami kejang di tengah jalan dan diberi tahu bahwa dehidrasi adalah salah satu pemicu saya. Ini merupakan pukulan besar bagi saya sebagai mualaf karena tidak mengambil bagian dalam salah satu dari lima rukun Islam,” kata Gabriel, yang mengajar siswa Kelas 4 di Akademi GEMS Wellington, Silicon Oasis, Dubai.

Namun Gabriel melihat kesulitannya sebagai kesempatan untuk mengalihkan fokusnya pada berbagai aspek spiritual Ramadhan. Seperti berbuat kebaikan kepada orang lain.

“Untunglah, guru saya saat itu menjelaskan kepada saya bahwa Ramadhan bukan hanya tentang puasa, melainkan ada kedalaman yang jauh lebih besar yang harus dibawa ke permukaan,” katanya, dilansir dari laman Gulfnews, Ahad 18 April 2021.

Bagi Gabriel dan keluarganya di sini yakni istrinya Hannah, putrinya Luna dan putranya Roman, Ramadhan adalah acara yang terus berkembang dalam rumah tangga.

“Karena epilepsi saya, saya tidak dapat berpuasa, jadi penting bagi kita untuk mengamati bulan yang indah ini secara lebih mendalam. Kami mencoba memperkuat pilar lain jika memungkinkan dan mengajari kedua anak kami nilai-nilai menjadi orang baik,” katanya.

Luna baru saja menginjak usia empat tahun dan orang tuanya berencana untuk memperkuat apa yang selalu mereka ajarkan padanya, yakni pentingnya beramal dan bagaimana merawat orang lain.

“Sejak dia berusia dua tahun, Luna selalu membantu kami dengan beramal. Kami mencoba melakukan apa yang kami bisa untuk komunitas lokal, di mana pun kami tinggal, dan di usia yang begitu muda, Luna memahami pentingnya apa yang dia lakukan. Dia membantu kami memberikan makanan kepada supir taksi di Bangkok, kepada pekerja konstruksi di Doha dan kepada petugas keamanan di sini di Dubai,” kata Gabriel yang berasal dari Southend-On-Sea, Essex, di selatan Inggris.

Dia menunjukkan bahwa dia tidak dapat melakukan ini sendiri secara langsung tahun ini karena persyaratan menjaga jarak sosial yang saat ini berlaku.

Namun Luna juga memiliki kalender Ramadhan yang dibuat Gabriel bersama istrinya. Setiap hari ada pesan atau permintaan yang berbeda untuk mencoba lebih memperkuat makna bulan suci. Bisa berupa langkah-langkah kecil, seperti bersikap baik kepada adik laki-lakinya, atau kegiatan yang lebih besar, seperti membantu membuat paket makanan yang bisa diberikan keluarga kepada orang lain.

“Ketika putra kami, Roman, sudah cukup besar, kami akan mendorongnya untuk ikut serta dan kami berharap Luna sudah memiliki cukup pengetahuan untuk mendukungnya.”

Gabriel berkata bahwa hidup dengan epilepsi telah memberinya pandangan spiritual terhadap kehidupan.

“Di satu sisi, meskipun epilepsi bukanlah penyakit mental terbesar yang pernah diderita, saya sangat bersyukur atas pandangan hidup dan keinginan untuk pemahaman religius yang telah diberikan kepada saya, yang saya harap anak-anak kita akan adopsi saat mereka tumbuh,” ujarnya.

Ini adalah Ramadhan keduanya di Dubai, menggabungkan waktu favoritnya dalam setahun dengan tempat favoritnya untuk tinggal bersama keluarganya.

“Anda tidak akan pernah menemukan ketenangan yang lebih besar daripada negara yang didominasi Muslim selama Ramadhan. Itu adalah cinta saya yang sangat besar. Mentalitas umum adalah salah satu refleksi dan kedamaian. Jelaslah bahwa orang-orang memikirkan tentang siapa mereka, apa yang mereka miliki, dan apa tempat mereka di dunia. Kebaikan diperkuat, ini seperti kita menetapkan target bawah sadar untuk tahun yang akan datang,” kata Gabriel.

“Apresiasi komunitas dan keluarga juga melewati atap. Orang-orang akan berkumpul untuk buka puasa dengan teman dan keluarga mereka, bahkan orang asing pun berkumpul. Tentu saja, dengan persyaratan jarak sosial saat ini, tidak mungkin tahun ini terjadi, tetapi kecintaan saya pada aspek-aspek ini masih ada. Popularitas zoom dan kemampuannya untuk menghubungkan kita dengan orang lain adalah sesuatu yang sangat saya syukuri,” katanya.

Gabriel mengatakan Ramadhan juga merupakan kesempatan bagi orang-orang dari agama lain untuk memikirkan lebih dalam tentang tujuan bulan suci.

“Jika Anda bukan Muslim, saya akan mendorong Anda untuk belajar lebih banyak tentang bulan Ramadhan dan semua kebaikan yang dibawanya. Puasa itu luar biasa penting, tapi itu hanya satu lapis menuju sesuatu yang jauh lebih dalam, dengan kemungkinan untuk benar-benar memberi dampak positif bagi dunia di sekitar kita,” ujarnya.

Gabriel adalah penggemar berat American Football dan telah bermain selama bertahun-tahun di Inggris di tim Essex Spartans dan Olimpiade London. Dia juga memiliki hasrat yang kuat untuk Judo, Muay Thai dan MMA (Mixed Martial Arts).

“Setelah Covid-19 mereda, saya berharap untuk berlatih dan berkompetisi dalam semua ini lagi. Di luar olahraga, saya menyukai seni dan musik, dua hal yang saya coba masukkan ke dalam pengajaran saya di WSO. Ketika anak-anak saya sudah besar, saya tidak sabar untuk mengajari mereka beberapa teknik menggambar, seperti yang diajarkan almarhum ibu saya,” katanya.

Menurut Otoritas Umum Urusan dan Wakaf Islam UEA, jika seseorang tidak dapat berpuasa selama Ramadhan, mereka dapat membayar fidyah atau kompensasi dari setiap puasa yang terlewat, yang dapat dibayarkan pada hari yang sama atau dapat menunggu hingga hari terakhir Ramadhan untuk membayar semuanya untuk semua hari puasa yang terlewat.

Namun, jika seseorang tidak dapat berpuasa karena alasan kesehatan, maka tidak diwajibkan untuk membayar fidyah. Fidyah adalah sumbangan untuk memberi makan seseorang yang kurang mampu.[]sumber:gulfnews.com/republika.co.id

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Berita Rekomendasi

Terbaru

GerTAK: Bupati Aceh Utara Penguasa, Bukan Pemimpin!

LHOKSUKON - LSM Gerakan Transparansi dan Keadilan (GerTAK) menyoroti kebijakan Pemkab Aceh Utara memangkas...

3.841 CJH Vaksinasi Covid-19, Pasien Baru Tambah 128 Orang di Aceh

BANDA ACEH — Sebanyak 3.841 Calon Jamaah Haji (CJH) telah mengikuti vaksinasi Coronavirus Disease...

Komandan Pussen Arhanud Cek Alutsista di Detasemen Arhanud-001

ACEH UTARA - Komandan Pusat Kesenjataan (Danpussen) Arhanud Kodiklat Angkatan Darat, Mayjen TNI Nisan...

Satpol PP Sita Rak Pedagang Bandel

BIREUEN - Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bireuen menyita rak milik...

Bandara Malikussaleh Kembali Ramai Usai Larangan Mudik

ACEH UTARA - Bandara Malikussaleh Aceh Utara kembali ramai penumpang pesawat usai pemberlakuan larangan...

TKI Asal Aceh Selatan Sakit Keras di Malaysia, Teuku Riefky Tanggung Biaya Pengobatan dan Pemulangan

  SUBULUSSALAM - Anggota DPR RI asal Aceh, Teuku Riefky Harsya (TRH) siap membantu biaya...

‘Tenaga Kontrak Itu Rakyat Juga, Gajinya Kecil Dipangkas Tersisa 7 Bulan, Peudeh That!’

LHOKSUKON – Lebih 2.000 tenaga kontrak dan hampir 2.000 tenaga bakti murni di lingkungan...

PHE Serahkan Blok B kepada PGE, Ini Kata BPMA Soal Potensi Pengembangan Migas

LHOKSUKON – PT Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Energi North Sumatra B-Block...

Banjir Landa Sultan Daulat, Lintas Aceh-Sumut Lumpuh Total

  SUBULUSSALAM - Hujan deras mengguyur wilayah Kota Subulussalam dan sekitarnya menyebabkan sejumlah desa di...

Laporan CIA: Israel akan Tumbang dalam 20 Tahun

Sebuah studi dilakukan Central Intelligence Agency (CIA) telah menimbulkan keraguan atas kelangsungan hidup Israel...

Gaji Tenaga Kontrak hanya 7 Bulan, Tunjangan Bupati, DPRK, TPK PNS, Perjalanan Dinas dan Belanja Pelatihan?

LHOKSUKON – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara memangkas anggaran tahun 2021 untuk gaji tenaga kontrak...

Lawan KLB Deli Serdang, Tim Hukum AHY Menang Telak 4-0

  JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) kembali menolak gugatan hukum pelaku KLB...

Permasa Rayon Batam Kota Halal Bihalal di Pantai Melayu

BATAM - Demi mempererat silaturahim sesama warga. Persatuan Masyarakat Aceh (Permasa) Rayon Batam Kota mengadakan...

Pasien Covid-19 di RSUCM Aceh Utara Meningkat

LHOKSEUMAWE - Pasien Covid-19 dirawat di Ruang RICU Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM)...

Kejari Lhokseumawe Kembali Gelar Donor Darah, Ini Hasilnya

LHOKSEUMAWE - Kejaksaan Negeri Lhokseumawe dan Pengurus IAD Lhokseumawe melaksanakan donor darah di Kantor...

Perubahan APBK Aceh Utara 2021 dengan Perbup: Pendapatan Berkurang Belanja Bertambah, Mengapa?

LHOKSUKON – Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Utara tahun 2021 beberapa kali...

Alat Berat PUPR Bersihkan Tiga Titik Longsor Jalan Tripe Jaya, BPBD: Rumah Warga Aman

BLANGKEJEREN – Tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gayo Lues bersama...

Potret Super Model Bella Hadid Dukung Merdeka Palestina

Model dunia, Bella Hadid mengejutkan publik dengan ikut turun ke jalan mendukung gerakan Free...

Inspirasi Syawal

Oleh: Taufik Sentana Peminat literasi sosial dan dakwah. Dalam sebaris surat Alquran di surat Al Ankabut,...

Jalan Menuju Air Terjun dan Kolam Biru Tripe Jaya Longsor, Perumahan Warga Uyem Beriring Terancam

BLANGKEJEREN - Akses jalan menuju Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, mengalami longsor, Ahad,...