Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaKabupaten/Kota Diminta Atasi...

Kabupaten/Kota Diminta Atasi Laju Inflasi

SIGLI – Kepala Biro Perekonomian Setda Aceh, Drs. Muhammad Raudhi, M.Si, meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten /kota di Aceh untuk mengatasi lajunya inflasi di daerah yang mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat. Pasalnya, potensi lajunya inflasi di Aceh, terjadinya penurunnan produksi pangan akibat cuaca ekstrim, peningkatan komsumsi menjelang Pilkada 2017.

Hal itu dikatakan Muhammad Raudhi pada rapat High Level TPID Provinsi Aceh Triwulan I Tahun 2016 di Oprooms Kantor Bupati Pidie, Rabu, 15 Maret 2016.

Permintaan itu dilakukan berkaca pada kondisi ekonomi awal tahun 2016. Raudhi melihat ada beberapa tantangan yang berpotensi mempengaruhi laju inflasi di Aceh, adanya dampak dari penyesuaian harga berbagai komoditas dalam kelompok administered prices, seperti, Bahan bakar minyak (BBM), Liquefied Petroleum Gas (LPG) dan Tarif Tenaga Listrik.

 

“Jangan lupa, dalam jangka pendek, kegiatan meugang menjelang Idul Fitri dan Idul Adha juga akan mempengaruhi beberapa harga komoditas di Aceh,” ujar Raudhi yang juga sekretaris TPID Aceh ini.

Hingga Februari 2016 dalam triwulan pertama ini, Aceh mengalami inflasi sebesar 0,02 persen. Situasi tersebut berbeda dengan kondisi nasional yang justru mengalami deflasi sebesar 0,09 persen (month to month). Ini, katanya, teridikasi bahwa perlu kerja keras semua pihak untuk menstabilkan kondisi inflasi di Aceh.

Pihaknya sangat serius melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi, salah satunya saat ini sudah 20 Kabupaten/kota di Aceh sudah dibentuk TPID. Untuk tiga kabupaten tersisa, dia mengatakan akan membentuk dalam waktu dekat ini. “Aceh Barat Daya, Gayo Luwes dan Kota Langsa yang belum terbentuk TPID,” tutur Muhammad Raudhi.[](tyb)

Baca juga: