Pemerintah Aceh Fasilitasi Pemulangan dan Pemakaman Jenazah Cucu Sultan Aceh

    0

    BANDA ACEH – Pemerintah Aceh menanggung semua biaya proses pemulangan jenazah almarhumah Teungku Putroe Cahya Nur Alam binti Tuanku Raja Ibrahim bin Sultan Muhammad Daodsyah, yang wafat pada 21 Ramadhan 1439/6 Juni 2018, pukul 06.45 WITA di RS Kota Mataram, NTB, ke Aceh.

    Hal itu disampaikan Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), dikonfirmasi portalsatu.com, Rabu, sore. Menurut SAG, Pemerintah Aceh akan menanggung semua biaya proses pemulangan jenazah Cahya Nur Alam karena almarhumah merupakan cucu Sultan Aceh dan pahlawan Aceh yang patut dihargai.

    “Pemerintah Aceh turut memfasilitasi proses ini semua, baik mulai dari pemulangan hingga proses pemakaman jenazah yang direncanakan dimakamkan di samping ayah beliau, Tuanku Raja Ibrahim, di (Kompleks) Baperis,” kata SAG.

    SAG menjelaskan, hasil koordinasi bahwa proses pemulangan jenazah almarhumah Cahya Nur Alam, cucu Sultanah Laksamana Keumalahayati dari NTB dengan menggunakan pesawat GA433 pukul 14.50 WITA dan tiba di Bandara Cengkareng pukul 15.45 WIB.

    “Selanjutnya menggunakan GA 142 CGK-BTJ pukul 17.50 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara SIM Blang Bintang (Aceh Besar) pukul 20.45 WIB malam,” ujar SAG.

    SAG menambahkan, Pemerintah Aceh juga mengurus semua proses pemakaman, seperti mempersiapkan makam dan keperluan lainnya. “Ini untuk menghargai para pahlawan yang telah mendahului kita semua. Kita juga terus berkoordinasi dengan keluarga besar almarhumah. Kita berharap penerbangan pemulangan jenazah almarhumah itu aman dan lancar,” kata Jubir Pemerintah Aceh ini.

    Menurut SAG, jika sudah sampai jenazah almarhumah maka pada Rabu malam direncanakan langsung dilakukan prosesi pemakaman.

    Untuk penyambutan jenazah pihaknya masih menunggu kabar apakah Gubernur Aceh langsung yang menyambutnya nanti ataupun diwakili. “Belum bisa kita pastikan, nanti kita lihat lagi perkembangannya,” ujar SAG.

    “Pemerintah Aceh mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya beliau ke rahmatullah. Tentunya kita merasa kehilangan dan turut berduka cita secara mendalam, semoga semua amal ibadah almarhumah diterima Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan pun bisa tetap tabah dalam menghadapi cobaan ini,” kata SAG.[]

    .

    Tinggalkan Balasan