Beranda News MS Jantho Gelar Sidang Kasus Jinayat, Seorang Terdakwa Kakek Berusia 78 Tahun

MS Jantho Gelar Sidang Kasus Jinayat, Seorang Terdakwa Kakek Berusia 78 Tahun

0
Foto Ilustrasi

JANTHO – Mahkamah Syariah Jantho, Kabupaten Aceh Besar menggelar sidang kasus jinayat atau kasus asusila yang salah satu terdakwanya merupakan kakek berusia 78 tahun asal Kabupaten Aceh Besar, Selasa, 26 Januari 2021.

Berdasarkan informasi di situs laman Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP), majelis hakim MS Jantho menyidang sebanyak 4 perkara yaitu Nomor 19/JN/2020/MS-Jantho, perkara ini merupakan kasus pemerkosaan terhadap anak dibawah umur.

Korban dalam perkara ini terdiri dari 4 orang anak, paling rendah berusia 3 tahun, dua orang berusia 5 tahun dan satu orang lagi berusia 7 tahun dengan terdakwa kakek berusia 78 tahun asal Kabupaten Aceh Besar.

Dua perkara lainnya yaitu Nomor 20/JN/2020/Ms-Jantho dan Nomor 21/JN/2020/Ms-Jantho. Perkara adalah sempat menghebohkan publik karena korban dan pelaku masih bertalian darah keluarga (Inses), dengan terdakwa ayah kandung dan paman kandung korban.

Kasus asusila tersebut tersebut terjadi pada bulan Agustus tahun 2020 dengan tempat kerjadian perkara di Gampong Mon Ikeun, Kecamatan Lhok Nga dan satu perkara lainnya yaitu Nomor 01/JN/2021/Ms-Jantho dengan terdakwa anak muda yang korbannys adalah seorang nenek tua renta.

Ketua MS Jantho, Siti Salwa, S.Hi., M.H, melalui Humasnya Tgk. Murtadha, Lc., mengatakan sidang jinayat tersebut digelar usai salat suhur karena paginya majelis hakim ada agenda sidang lain, perkara perdata.

“MS Jantho juga menangani perkara perdata tertentu dengan berjumlah 17 perkara, 13 perkara akan disidangkan oleh Majelis C-2, dan Majelis Ketua MS Jantho 4 perkara. Untuk perkara jinayat Jaksa Penuntut Umum juga perlu berkoordinasi dengan pihak Lapas Jantho, karena semua tahanan dititipkan di Lapas Jantho- Aceh Besar,” jelasnya.[-](Zamah Sari)

.

Tinggalkan Balasan