Beranda News Rp1 Miliar Dana Desa Rikit Gaib Direalisasikan, Ini Jenis Bantuan Diminta Warga

Rp1 Miliar Dana Desa Rikit Gaib Direalisasikan, Ini Jenis Bantuan Diminta Warga

0
BLANGKEJEREN – Perangkat Desa Kota Rikit Gaib, Kecamatan Rikit Gaib, Kabupaten Gayo Lues, mulai merealisasikan Rp1 miliar Dana Desa untuk pemberdayaan ekonomi, BLT Rp300 ribu per bulan/KK, hingga gaji perangkat desa tahun 2021.
Taher, Pengulu (Kepala Desa) Kota Rikit Gaib, Selasa, 26 Januari 2021, mengatakan anggaran program pemulihan ekonomi masyarakat Kota Rikit Gaib Rp308.364.000. Anggaran itu direalisasikan dalam bentuk bantuan sesuai permintaan warga saat musyawarah sebelumnya.
“Jadi, anggaran pemulihan ekonomi ini ada yang meminta bibit jahe, kemudian kami selaku perangkat memenuhinya dengan menyalurkan 100 kg bibit jahe gajah untuk 42 KK. Ada yang meminta mulsa untuk menanam cabai atau bawang, kami penuhi dengan memberikan tiga mulsa untuk 49 KK. Ada yang meminta kawat duri untuk (pagar tempat) ternak, kami berikan enam rol untuk 38 KK. Ada juga yang diberikan 100 ayam kampung untuk 12 KK lengkap dengan pakan dan vaksin,” ujarnya.
BLT tahap pertama Kota Rikit Gaib juga langsung disalurkan untuk 43 KK Kelompok Penerima Manfaat (KPM) bersamaan dengan pemberian bantuan jahe, mulsa dan ayam.
“Total Dana Desa Kota Rikit Gaib Rp1.175.090.000, sudah termasuk gaji perangkat desa selama satu tahun, BLT untuk warga, bantuan pemberdayaan ekonomi, dan yang lainnya. Mudah-mudahan dengan anggaran ini masyarakat bisa terbantu untuk pemulihan kembali ekonominya setelah terdampak pandemi Covid-19,” jelasnya.
Teher mengimbau masyarakat benar-benar memanfaatkan bantuan yang telah diberikan, karena itu merupakan hasil musyawarah dusun dan Musrenbang desa. “Jangan pernah menjual bantuan yang telah diberikan,” ucapnya.[](*)
.

Tinggalkan Balasan