Beranda News Penderita Covid-19 Aceh Bertambah 15 Orang, Kasus Aktif 988 Orang

Penderita Covid-19 Aceh Bertambah 15 Orang, Kasus Aktif 988 Orang

0
Jubir Satgas Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani. Foto: dok. Humas Setda Aceh

BANDA ACEH — Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Aceh bertambah lagi sebanyak 15, sehingga kasus aktif menjadi 988 orang. Kasus aktif merupakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan maupun isolasi mandiri. Tidak ada kasus meninggal di Aceh dalam 24 jam terakhir.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Jumat, 22 Januari 2021.

“Penambahan 15 kasus baru positif Covid-19 tersebut berdasarkan hasil uji swab kontak erat kasus sebelumnya atau bukan kontak erat namun menunjukkan gejala demam tinggi,” tuturnya.

SAG menjelaskan, kasus-kasus baru yang dilaporkan hari ini terdistribusi di kalangan masyarakat Kota Banda Aceh dan Kota Lhokseumawe, masing-masing tujuh orang. Satu orang lainnya merupakan warga Kabupaten Aceh Besar.

Penambahan kasus baru di Aceh yang belasan orang itu dalam dua hari terakhir memang relatif sangat rendah dibandingkan dengan provinsi lain yang mencapai puluhan hingga ratusan kasus. Namun, hal tersebut hendaknya tidak membuat kita lengah dan mengabaikan protokol kesehatan, katanya.

Menurut SAG, selama bencana non alam pandemi Covid-19 belum dinyatakan berakhir, upaya pencegahan infeksi virus corona harus terus diwaspadai untuk melindungi diri dan keluarga kita.

Sebaiknya menunda dulu perjalanan ke luar Aceh apabila tidak ada kebutuhan yang sangat-sangat urgen. Begitu juga keluarga yang berdomisili di luar Aceh hendaknya menunda mudik apabila tidak ada sesuatu yang membutuhkan kehadirannya secara fisik. Tali silaturahmi tetap bisa terjalin melalui alat komunikasi secara daring, tuturnya.

“Saling melindungi antar sesama merupakan cara paling bijak dalam situasi krisis kesehatan masyarakat saat ini,” tambah SAG, dalam siaran persnya.

Kasus Kumulatif

Selanjutnya, seperti biasa, Juru Bicara Pemerintah Aceh itu melaporkan kasus kumulatif Covid-19, sejak kasus pertama diumumkan, 27 Maret 2020 silam. Jumlah akumulasi kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 9.115 orang. Penderita yang dirawat saat ini 988 orang, sudah sembuh sebanyak 7.753 orang, dan 374 orang meninggal dunia.

“Alhamdulillah, tidak ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir,” ujar SAG.

Lebih lanjut, Jubir SAG mengatakan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 651 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 20 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 571 sudah selesai isolasi, dan 60 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 6.272 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.102 orang sudah selesai masa isolasi, 108 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 62 orang isolasi di rumah sakit.[]

.

Tinggalkan Balasan